Tinjauan Maslahah Terhadap Penggunaan Obat Tradisional Di Pusat Pengobatan Kunir Asia Desa Balong.

Damayanti, Dewi (2020) Tinjauan Maslahah Terhadap Penggunaan Obat Tradisional Di Pusat Pengobatan Kunir Asia Desa Balong. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DEWI DAMAYANTI (ethesis)-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Damayanti, Dewi. 2020. Tinjauan Mas}lah}ah Terhadap Penggunaan Obat Tradisional di Pusat Pengobatan Kunir Asia Desa Balong Kecamatan Balong. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Rohmah Maulidia. M.Ag.
Kata Kunci :Mas}lah}ah, Obat Tradisional
Obat tradisional merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menunjang kebutuhan akan kesehatan manusia, salah satunya yaitu di pusat Pengobatan Kunir Asia. Pengobatan Kunir Asia merupakan salah satu pengobatan tradisional yang obatnya terbuat dari bahan-bahan alami. Dalam mewujudkan kemaslahatan di dunia maupun di akhirat, berdasarkan penelitian us}huliyyin, ada lima unsur pokok yang harus dipelihara dan diwujudkan. Untuk menjamin kualitas dan keamanan obat maka dalam peraturan badan pengawas obat dan makanan, maka obat tersebut harus terdaftar di BPOM. Namun obat yang digunakan di Pusat Pengobatan Kunir Asia belum memiliki izin dari BPOM sehingga belum bisa menjamin keamanan dan standar mutu dari obat-obat tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana tinjauan mas}lah}ah terhadap bahan obat tradisional di pusat Pengobatan Kunir Asia Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo?, 2. Bagaimana tinjauan mas}lah}ah terhadap kemasan obat tradisional di pusat Pengobatan Kunir Asia Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan wawancara.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan obat tradisional yang digunakan di pusat Pengobatan Kunir Asia tidak berbahaya jika dilihat dari bahan bahan yang digunakan karena terbuat dari bahan alami, dari sisi pengemasan, obat tradisional di pusat Pengobatan Kunir Asia Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo dilihat dari mas{lah{ah tahsi>niyah baik karena obat-obatan tersebut digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang belum memiliki obat dari umum, namun dari sisi perizinan lembaga BPOM belum memiliki daftar izin sehingga tidak ada yang bisa menjamin keamanan obat-obatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohma maulidia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2021 06:48
Last Modified: 18 Jan 2021 06:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12811

Actions (login required)

View Item View Item