Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Investasi di Swalayan Surya Jenangan Ponorogo

Taufiq, Rahmat (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Investasi di Swalayan Surya Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMAT TAUFIQ.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Taufiq, Rahmat. 2020. “Tinjauan Hukum Islam terhadap pelaksanaan Investasi
di Swalayan Surya Jenangan Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi
Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Shofwatul Aini, S.Ag., M.S.I

Kata kunci: Hukum Islam, Investasi, Shirkah

Dalam Islam diajarkan bekerja sama yang benar yang sesuai dengan syariat atau tuntunan agama Islam. Kerjasama dalam Islam disebut shirkah/musyarakah yaitu kerjasama antara pemilik modal dengan pengelola yang pembagian hasilnya menurut perjanjian yang telah disepakati bersama, seperti kerjasama yang ada di Swalayan Surya Jenangan Ponorogo. Dalam praktiknya terdapat permasalahan yaitu dalam surat perjanjian tertera bahwa diperbolehkannya penarikan modal bagi investor sebelum jatuh tempo perjanjian. Selanjutnya tertera pula sistem bagi hasil dengan cara diberikannya cicilan perbulan dengan perhitungan persentase dari modal bukan dari hasil keuntungan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap Akad Investasi di Swalayan Surya Jenangan Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap system pembagian hasil atau keuntungan di Swalayan Surya Jenangan Ponorogo?
Penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelirian lapangan) yang menggambarkan fenomena secara apa adanya dan dengan cara mencari data secara langsung dengan melihat objek yang akan diteliti. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang lebih menekankan pada analisis proses penyimpulan secara induktif yang diperoleh dari data lapangan.
Dari penelitian selama ini dapat disimpulkan bahwa sistem kerjasama di Swalayan Surya Jenangan Ponorogo adalah syirkah inan, yaitu persekutuan dalam modal, usaha dan keuntungan, yakni kerjasama antara dua orang atau lebih dengan modal yang mereka miliki bersama untuk membuka usaha yang mereka lakukan sendiri, lalu berbagi keuntungan bersama. Kerjasama yang berjalan di Swalayan Surya Jenangan Ponorogo sebagian besar sudah memenuhi hukum Islam, namun ada beberapa yang belum terpenuhi. Pertama, dalam akad yaitu akad investasi atau penyertaan modal di Swalayan Surya Jenangan Ponorogo masih membolehkan para investor menarik modalnya sebelum jatuh tempo yang disepakati. Kedua, dalam bagi hasil yaitu pembagian hasil kepada para investor diberlakukan sistem cicilan bagi hasil yang mana dihitung dari persenan modal yang di tanam bukan dari keuntungan yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:42
Last Modified: 18 Jan 2021 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12807

Actions (login required)

View Item View Item