Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus di SMPN 5 Ponorogo)

Fitrianto, Alim Rhohmatul (2020) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus di SMPN 5 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI upload e thesis al rofi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fitrianto, Alim Rhohmatul. 2020. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus di SMPN 5 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M. Ag.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Model Kepemimpinan, Manajemen Berbasis Sekolah.
Sebagai top leader Peran kepala sekolah sangat penting dalam menentukan keberhasilan seeta kualitas, yang kualitas sekolah lebih banyak ditentukan oleh kemampuan keprofesionalan kepala sekolah sebagai pengelolanya. Manajemen berbasis sekolah, merupakan bentuk dari desentralisasi yang memberikan kewenangan penuh sekolah untuk mengatur, mengurus, organisasi dan mengambil keputusan sendiri, yang berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan sesuai kondisi sekolah masing-masing. Merespon dari hal tersebut, SMPN 5 Ponorogo menerapkan MBS untuk mengelola sistem operasionalnya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas, mutu dan output lembaga yang berkualitas.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di SMPN 5 Ponorogo?, 2) Bagaimana model kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di SMPN 5 Ponorogo?, 3) Bagaimana hasil kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di SMPN 5 Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data, pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan demokratis, lugas dan terbuka, dengan gaya kepemimpinan yang berpola mementingkan pelaksanaan hubungan kerja sama serta hasil yang dicapai dari tujuan sekolah bermusyawarah dan bekerja sama dengan bawahan untuk menyelesaikan masalah serta membuat kebijakan, kepala sekolah berkoordinasi dan berinteraksi dengan baik dan sopan. 2) Model kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 5 Ponorogo menerapkan model kepemimpinan visioner. Dalam praktiknya kepala sekolah SMPN 5 Ponorogo memiliki visi dan misi jauh ke depan, untuk mengembangkan dan memajukan lembaga pendidikan yang kepala sekolah pimpin, serta menjadikan SMPN 5 Ponorogo sebagai lembaga pendidikan berprestasi. Dalam praktiknya, kepala sekolah bersifat fleksibel dan menggerakkan seluruh elemen di sekolah guna menjadikan tercapainya tujuan lembaga. 3) Implikasi kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di SMPN 5 Ponorogo, yaitu dengan kepala sekolah menciptakan suasana nyaman di sekolah, dengan memfasilitasi sekolah dengan sarana dan prasarana yang cukup lengkap dan memadai yang menunjang dari kinerja sumber daya manusia, keprofesionalisme guru, kualitas dan mutu sekolah serta output dari lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:46
Last Modified: 18 Jan 2021 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12806

Actions (login required)

View Item View Item