Manajemen Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Ponorogo)

Triaji, Naffisah Aini (2020) Manajemen Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NAFFISAH AINI TRIAJI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
naffisah aini triaji. 2020. Manajemen Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Aris Nurbawani, MM.
Kata Kunci: Manajemen Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik
Tenaga pendidik merupakan salah satu faktor dalam menghasilkan lulusan yang berprestasi. Dalam menentukan keberhasilan siswa maka tenaga pendidik juga perlu meningkatkan kompetensinya. Manajemen pengembangan kompetensi tenaga pendidik diperlukan untuk melaksanakan program pengembangan dengan baik, sehingga tenaga pendidik dapat mencapai tujuan dan dapat menghasilkan siswa yang berprestasi. Dalam rangka meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di SMP Negeri 4 Ponorogo, sekolah melaksanakan program pengembangan yang dilakukan dengan mengikuti program yang diadakan dari pemerintah atau dinas kabupaten dan dilakukan secara mandiri.
Berdasarkan uraian diatas, peneliti mengadakan penelitian dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana perencanaan pengembangan kompetensi pedagogik dan professional tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP Negeri 4 Ponorogo? (2) Bagaimana pelaksanaan pengembangan kompetensi pedagogik dan professional tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu lulusan di SMP Negeri 4 Ponorogo? (3) Bagaimana evaluasi program pengembangan kompetensi tenaga pendidik di SMP Negeri 4 Ponorogo?
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Program pengembangan kompetensi tenaga pendidik yang dimiliki SMP Negeri 4 Ponorogo, program secara mandiri disusun berdasarkan recomendasi raport mutu sekolah. Penilaian raport mutu dari tahun sebelumnya dapat dijadikan acuan atau rekomendasi kegiatan pengembangan kompetensi tenaga pendidik di sekolah. Kegiatan pengembangan yang dilakukan secara mandiri berupa Workshop, Seminar, In House Training, dan Outbond. Selain itu sekolah juga melaksanakan program pengembangann yang diadakan oleh dinas berupa MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) yang ditindak lanjuti dalam program MGMPS di sekolah. (2) Pelaksanaan program pengembangan kompetensi pedagogik dan professional tenaga pendidik di SMP Negeri 4 Ponorogo, dilakukan oleh seluruh tenaga pendidik. Kegiatan yang dilakukan oleh sekolah biasanya dilakukan minimal 6 bulan sekali atau bisa lebih dengan mengundang narasumber. Kegiatan MGMP yang rutin dilakukan setiap hari oleh seluruh guru mapel dengan jadwal masing-masing. Faktor pendukung dari kegiatan pengembangan adalah guru sudah menempuh pendidikan S1 dan beberapa sudah S2, motivasi dari tenaga pendidik, dorongan dari kepala sekolah, program yang sudah terlaksana, dan sarana prasarana. Faktor penghambat tenaga pendidik yang sudah mendekati pensiun kurang bersemangat mengikuti kegiatan pengembangan dan waktu yang terkadang bersamaan dengan jadwal mengajar (3) Evaluasi kegiatan program pengembangan kompetensi pedagogik dan profesional tenaga pendidik di SMP Negeri 4 Ponorogo, dilakukan setelah selesai kegiatan dengan mengisi angket, dokumentasi, dan observasi oleh tim monev (monitoring evaluasi), sehingga akan diketahui keberhasilan kegiatan pengembangan kompetensi pengembangan tenaga pendidik dan digunakan untuk menyusun program-program yang akan dilakukan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jan 2021 02:47
Last Modified: 18 Jan 2021 02:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item View Item