nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam buku 99 untuk tuhanku karya emha ainun nadjib dan relevansinya dengan materi aqidah akhlak kelas xii madrasah aliyah.

Prasetyo, Hery (2020) nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam buku 99 untuk tuhanku karya emha ainun nadjib dan relevansinya dengan materi aqidah akhlak kelas xii madrasah aliyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Heri Prasetyo 210315313 Upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Prasetyo, Hery, 2020. Nilai-Nilai Pendidikan Tasawuf dalam buku 99 untuk Tuhanku karya Emha Ainun Nadjib dan Relevansinya dengan materi Aqidah Akhlak kelas XII Madrasah Aliyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Miftahul Ulum, M. Ag.

Kata kunci: Nilai Pendidikan Tasawuf, Buku 99 untuk Tuhanku, Materi Aqidah Akhlak kelas XII MA.
Tasawuf merupakan salah satu bidang ilmu Islam yang memusatkan perhatian pada pembersihan aspek rohani manusia yang dapat menimbulkan akhlak mulia. Kemudian obyek kajian tasawuf adalah hati dan jiwa manusia. Buku 99 untuk Tuhanku merupakan karya sastra yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan Tasawuf yang dapat memotivasi hidup dan semangat belajar bagi pembacanya terutama di zaman modern ini. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan nilai- nilai Pendidikan Tasawuf yang terkandung dalam buku 99 untuk Tuhanku karya Emha Nadjib.
Dalam karya sastra (buku) pun kita dapat menemukan nilai pendidikan tasawuf yang dapat diambil hikmahnya. Melalui media cetak berupa buku 99 untuk Tuhanku karya Emha Ainun Nadjib yang memiliki makna dan nilai-nilai mendalam, maka penulis sangat tertarik untuk menelitinya dengan rumusan maslah sebagi berikut: (1) apa saja nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam buku 99 untuk Tuhanku karya Emha Ainun Nadjib ? (2) bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan tasawuf dalam buku 99 untuk Tuhanku karya Emha Ainun Nadjib dengan materi aqidah akhlak kelas XII MA ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian pustaka library research, karena dalam pengumpulan data-datanya peneliti menggunakan bahan-bahan pustaka sebagai sumber utama penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya dengan mereduksi data (data reduction). Adapun teknik analisis datanya adalah analisis isi (content analisys).
Dari hasil penelitian ini ditemukan (1) Nilai-nilai Pendidikan Tasawuf dalam buku 99 untuk Tuhanku karya Emh Ainun Nadjib (2) Relevansi nilai pendidikan tasawuf dalam buku 99 untuk Tuhanku karya Emha Ainun Nadjib ini dengan materi aqidah akhlak kelas XII MA yang terdapat dalam KI, KD materi nilai-nilai asmaul husna yang meliputi 7 nilai mulia asmaul husna Al-Ghaffar, Al-Razzaq, Al-Malik, Al-Hasib, Al-Hadi, Al-Khaliq dan Al-Hakim. Sehingga buku 99 untuk Tuhanku ini dapat dijadikan buku sekunder atau buku penunjang bagi guru untuk memperkaya informasi terutama yang berkaitan dengan pendidikan tasawuf dan pendidikan akhlak. Salah satu metode yang dapat digunakan oleh guru dalam mengaplikasikan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi information search (pencarian informasi) dalam buku 99 untuk Tuhanku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:32
Last Modified: 15 Jan 2021 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12789

Actions (login required)

View Item View Item