Makna Ukhuwah Islamiyah bagi Anggota HMI di IAIN Ponorogo

Winih, Sri (2020) Makna Ukhuwah Islamiyah bagi Anggota HMI di IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi 210316108 Sri Winih.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Winih, Sri. 2020 Peningkatan Ukhuwah Islamiyah antar Mahasiswa melalui Organisasi HMI di IAIN Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negri.IAIN Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudi Prahara, M. Ag.
Kata kunci: ukhuwah Islamiyah mahasiswa, HMI
Indonesia merupakan negara yang memiliki kebudayaan beragam. Indonesia memiliki banyak suku, budaya dan bahasa. Jumlah penduduknya mencapai ratusan juta. Dari jutaan penduduk inilah banyak muncul konflik dengan berbagai sebabnya, termasuk yang terjadi di kalangan penerus bangsa ini, yaitu remaja. Konflik yang terjadi di kalangan remaja ini, sesungguhnya tindakan yang tidak patut dilakukan. Sebab, “majunya suatu bangsa tergantung pada para penerusnya.”Jika penerusnya berkonflik tiada henti, maka nasib bangsa ini di ujung tanduk.yang pasti. Di pundak kitalah (remaja) kemajuan bangsa ini dipanggul. Sangat vital peran remaja bagi bangsa ini. Mahasiswa terutama yang paling vital karena mahasiswa merupakan makhluk intelektual dan orang yang diagung-agungkan di masyarakat. Jadi mahasiswa harus mempunyai kesadaran ukhuwah Islamiyah yang tinggi. HMI secara organisatoris adalah bagian dari sejarah bangsa Indonesia yang senantiasa menciptakan kedamaian mengatasi penderitaan bersama yang sesuai dengan pada cita-cita luhur bangsa Indonesia sebagai bentuk tanggungjawab moral atas ketertiban masyarakat Indonesia. Hal ini penting buat HMI untuk menemukan jati diri keberagamannya dalam semangat spiritual kebangsaan ke-Indonesia-an yang pluralis.
Dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Bagaimana persepsi anggota HMI di IAIN Ponoroo tentang konsep ukhuwah Islamiyah (2).Bagaimana implikasi ukhuwah Islamiyah anggota HMI di IAIN Ponorogo (3). Bagaimana cara organisasi HMI meningkatkan ukhuwah Islamiyah anggota HMI di IAIN Ponorogo. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik mengumpulkan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwasannya (1) Persepsi anggota HMI di IAIN Ponorogo tentang konsep ukhuwah Islamiyah adalah hubungan persaudaraan atau kekeluargaan yang diperintahkan Allah kepada sesama kaum muslim. (2) Keadaan ukhuwah Islamiyah anggota HMI di IAIN Ponorogo baik selain menerapkan ukhuwah Islamiyah dengan alumni HMI kader HMI juga menerapkan ukhuwah Islamiyah dengan semua umat Islam, seperti jika ada suatu bencana alam, anggota HMI ikut berpartisipasi dengan mengadakan penggalangan dana. (3) Cara HMI meningkatkan ukhuwah Islamiyah salah satunya dengan cara pemahaman, seperti di HMI tidak ada keharusan satu golongan yang penting Islam jadi bisa solid dan tolerannya tinggi tentang golongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jan 2021 11:39
Last Modified: 14 Jan 2021 11:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12786

Actions (login required)

View Item View Item