Hakim, Lukman (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SEKOLAH ADIWIYATA DI SDN 1 MANGKUJAYAN PONOROGO. Masters thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
TESIS_LUKMAN HAKIM_MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SEKOLAH ADIWIYATA_1.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SEKOLAH ADIWIYATA DI SDN 1 MANGKUJAYAN PONOROGO
ABSTRAK
Sekolah adiwiyata berhubungan dengan pendidikan lingkungan hidup. Pendidikan lingkungan hidup memiliki usaha dalam internalisasi secara langsung maupun tidak langsung dalam membentuk kepribadian mandiri serta membentuk perilaku dan pola pikir peserta didik dan dapat merefleksikan dalam kehidupan sehari-hari. Cara hidup yang salah dalam menilai lingkungan akan mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan. Berawal dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis tentang manajemen pendidikan karakter sekolah adiwiyata dan dalam rangka mencari jawaban permasalahan tentang bagaimana implementasi manajemen pendidikan karakter sekolah adiwiyata, kendala-kendala implementasi manajemen pendidikan karakter sekolah adiwiyata serta implikasi manajemen pendidikan karakter sekolah adiwiyata di SDN 1 Mangkujayan Ponorogo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan di SDN 1 Mangkujayan yang bersifat deskriptif-kualitatif dengan upaya memberikan gambaran-gambaran tentang latar belakang, sifat dan karakter yang khas dari kasus yang ada di lapangan, serta melakukan hubungan yang intensif dengan sumber data untuk mengeksplorasikan data. Data berupa uraian mengenai kegiatan atau perilaku subyek dan dokumen-dokumen lain yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter sekolah adiwiyata di SDN 1 Mangkujayan meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan dilakukan sebagai penentu kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, selanjutnya pengorganisasian sebagai pendukung terwujudnya pendidikan karakter berbasiskan adiwiyata serta pelaksanaan pendidikan karakter sekolah adiwiyata adanya wujud nyata terimplementasinya program-program adiwiyata baik di dalam maupun di luar kelas dan evaluasi di SDN 1 Mangkujayan dilakukan pengawasan secara internal, namun tetap ada monitoring dari pusat kementerian lingkungan hidup RI setiap 3 tahun sekali serta melakukan evaluasi pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru-guru. Berikutnya kendala-kendala manajemen pendidikan karakter sekolah adiwiyata diantaranya adalah kurangnya koordinasi antar guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran, wawasan tentang adiwiyata belum diterima oleh semua warga sekolah, penggunaan bahan bekas yang belum optimal dan pengelolaan pembelajaran belum maksimal, namun, hal tersebut dapat diminimalisir dengan berkomitmen untuk mengoptimalkan faktor internal dan juga faktor eksternal. Terimplementasinya manajemen pendidikan karakter sekolah adiwiyata memberikan implikasi diantaranya adalah dapat meraih penghargaan sekolah adiwiyata mandiri di tahun 2017-sekarang, tertanamnya nilai-nilai karakter berbudaya dan peduli lingkungan, kelestarian dan kebersihan lingkungan menjadi terjaga dan meningkatkan kreativitas dan kepedulian siswa terhadap lingkungan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Kolis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 04:41 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 04:41 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12778 |
Actions (login required)
View Item |