(LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG) NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM SOSOK HARUN AL- RASYID DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Adha, Nasuha Zamhari (2020) (LEMBAR KEASLIAN TULISAN BLM ADA, UPLOAD ULANG) NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM SOSOK HARUN AL- RASYID DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Nasuha Zamhari Adha 210315300 Upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Adha, Nasuha Zamhari, 2020 Nilai-Nilai Kepemimpinan Islam Dalam Sosok Harun Ar- Rasyid Dan Kontribusinya Terhadap Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Nilai Kepemimpinan Islam, Kepemimpinan Khalifah Harun Al-Rasyid, Pengembangan Pendidikan Islam.

Kepemimpinan sebagai salah satu fungsi manajemen merupakan hal yang penting untuk mencapai suatu tujuan dari organisasi/lembaga. Seolah-olah kepemimpinan dipaksa untuk menghadapi berbagai macam faktor seperti: struktur atau tatanan, koalisi, kekuasaan, dan kondisi lingkungan organisasi. Sebaliknya. kepemimpinan rasanya dapat dijadikan alat untuk menyelesaikan persoalan apa saja yang sedang menimpa suatu organisasi.
Dalam kepemimpinan Harun Al-Rasyid ini kita dapat mengambil nilai-nilai kepemimpinan melalui buku Harun Al-Rasyid: Amir Para Khalifah dan Raja Teragung di Dunia, Maka Penulis tertarik untuk menelitinya dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana Nilai-Nilai Kepemimpinan Islam Khalifah Harun Al-Rasyid? (2) Bagaimana Relevansi Kepemimpinan Khalifah Harun Al-Rasyid terhadap pengembangan Pendidikan Islam?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian pustaka library research, karena dalam pengumpulan data-datanya peneliti menggunakan bahan-bahan pustaka sebagai sumber utama penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya dengan mereduksi data (data reduction). Adapun teknik analisis datanya adalah analisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian ini ditemukan (1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai kepemimpinan Islam Harun Al-Rasyid (2) Untuk mendeskripsikan relevansi kepemimpinan Harun Al-Rasyid terhadap pengembangan pendidikan Islam meliputi Nilai-nilai kepemimpinan Islam dalam sosok Harun Al-Rasyid adalah Shiddiq, Amanah, Tablig, Fathanah, Dengan mempelajari sejarah dari pendidikan masa khalifah Harun Al-Rasyid, diharapkan para tokoh pemimpin yang memegang kendali atas pendidikan bisa mencontoh kepemimpinan dari khalifah Harun. Serta bagi pendidik diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana perkembangan pendidikan pada masa khalifah Harun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jan 2021 02:31
Last Modified: 14 Jan 2021 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12768

Actions (login required)

View Item View Item