Syamsudin, Annas Thohir (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, WATERMARK BLM ADA, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) analisis pengaruh komunikasi pemasaran, kepercayaan dan penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah tabungan di pt. bpr syari’ah mitra mentari sejahtera ponorogo (perspektif nasabah). Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
Tesis Fix_Annas Thohis Syamsudin.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Syamsudin, Annas Thohir. Analisis Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Di PT. BPR Syari’ah Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo (Perspektif Nasabah). Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan, Penanganan Keluhan, Loyalitas Nasabah.
Penelitian bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh komunikasi pemasaran terhadap loyalitas nasabah tabungan di PT. BPR Syari’ah Mitra Mentari Sejahtera; 2) Menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah tabungan di PT. BPR Syari’ah Mitra Mentari Sejahtera; 3) Menganalisis pengaruh penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah tabungan di PT. BPR Syari’ah Mitra Mentari Sejahtera. Penelitian dilaksanakan dengan metode kuantitatif, serta desain penelitian hubungan kausal. Data penelitian adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner berbentuk google formulir, serta data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Pengambilan sampel dengan random sampel, sedangkan teknik penghitungannya menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 350. Namun hanya 130 responden yang bersedia mengisi kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian membuktikan 1) terdapat pengaruh komunikasi pemasaran terhadap loyalitas nasabah tabungan di PT. BPR Syari’ah Mitra Mentari Sejahtera dan komunikasi merupakan faktor yang paling dominan; 2) terdapat pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas nasabah tabungan di PT. BPR Syari’ah Mitra Mentari Sejahtera; 3) terdapat pengaruh negatif penanganan keluhan terhadap loyalitas nasabah tabungan di PT. BPR Syari’ah Mitra Mentari Sejahtera.
Saran aplikatif untuk PT. BPRS Mitra Mentari Sejahtera meliputi:1) upaya komunikasi pemasaran efektif melalui website resmi perusahaan maupun media sosial lain yang memiliki banyak users, 2) aktif berpartisipasi pada berbagai event bazaar dan pameran, 3) melaksanakan pelatihan kepemimpinan, pembinaan bagi karyawannya untuk menumbuhkan kemampuan komunikasi, serta kemampuan mendengar yang baik dengan menunjukkan rasa empati, 4) mengedukasi nasabah dan calon nasabah tentang produk perbankan yang aman karena terjamin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), 5) mengedukasi nasabah tentang pengaplikasian akad transaksi sesuai syariah Islam sehingga meminimalisir cedera akad.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Dr. Wirawan Fadly, M.Pd. |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 06:43 |
Last Modified: | 13 Jan 2021 06:43 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12767 |
Actions (login required)
View Item |