penggunaan metode safinda dalam pembelajaran bahasa arab di madrasah aliyah muro’atuddin magetan (penelitian eksperimen di madrasah aliyah muro’atuddin magetan tahun ajaran 2019/2020)

Maryam, Nursany Khabibatul (2020) penggunaan metode safinda dalam pembelajaran bahasa arab di madrasah aliyah muro’atuddin magetan (penelitian eksperimen di madrasah aliyah muro’atuddin magetan tahun ajaran 2019/2020). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETESIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGGUNAAN METODE SAFINDA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH MURO’ATUDDIN MAGETAN (PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH ALIYAH MURO’ATUDDIN MAGETAN TAHUN AJARAN 2019/2020)

ABSTRAK
Penelitian ini membahas proses penggunaan Metode Safinda dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Muro’atuddin Magetan. Bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode Safinda dan metode sebelumnya dalam pembelajaran Bahasa Arab, sedang berlangsung dan sesudah melakukan penerapan metode Safinda serta mengetahui pengaruh penggunaan metode Safinda dalam pembelajaran Bahasa Arab. Kedua rumusan masalah ini akan dikaji mengguanakan teori penggunaan metode pembelajaran Bahasa Arab dan metode Safinda. Studi dilakukan di Madrasah Aliyah Muro’atuddin Magetan. Studi ini mengadopsi pendekatan eksperimen kuantitatif melalui tes eksperimen menguji hipotesis mengenai sebab akibat.untuk melihat keefektivitasan penggunaan metode Safinda dalam pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Studi ini mengungkapkan hasil dari kegiatan penggunaan metode Safinda dalam pembelajaran Bahasa Arab. Penerapan Metode Safinda terhadap Penguasaan Qowaid dan Terjemah siswa di Madrasah Aliyah Muro’atuddin Magetan diperoleh hasil perhitungan Uji-t Paired sample test Kelas Eksperimen (XA) diperoleh nilai t-hitung -4,729 < 2,093. jadi H0 ditolak dan H1 diterima, jadi yang menggunakan metode bernyanyi dalam proses pembelajaran bahasa Arab efektif terhadap penguasaan Qowaid dan Terjemah siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jan 2021 02:50
Last Modified: 13 Jan 2021 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12757

Actions (login required)

View Item View Item