Komunikasi Organisasi Karang Taruna Dalam Meningkatkan Motivasi Pemuda Kreatif (Studi Pada Karang Taruna Suryo Pandhowo Desa Prajegan Kec. Sukorejo Kab. Ponorogo)

Alfarizi, Mohammad (2020) Komunikasi Organisasi Karang Taruna Dalam Meningkatkan Motivasi Pemuda Kreatif (Studi Pada Karang Taruna Suryo Pandhowo Desa Prajegan Kec. Sukorejo Kab. Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MOHAMMAD ALFARIZI KPI 211016084-dikonversi (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mohammad, Alfarizi. 2020. Komunikasi Organisasi Karang Taruna Dalam Meningkatkan Motivasi Pemuda Kreatif (Studi Pada Karang Taruna Suryo Pandhowo Desa Prajegan Kec. Sukorejo Kab. Ponorogo). Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN). Pembimbing Drs. H. Agus Romdlon Saputra, M. HI.
Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Karang Taruna, Motivasi

Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi. Sebagai wadah aspirasi para pemuda, Karang Taruna Suryo Pandhowo mampu menciptakan dan menampung kreasi bagi para pemuda di Desa Prajegan. Oleh karena itu, penelitian ini merumuskan masalahnya dan bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana peranan komunikasi organisasi Karang Taruna Suryo Pandhowo dalam meningkatkan motivasi pemuda kreatif desa Prajegan? (2) Apakah faktor-faktor yang pendukung dan penghambat komunikasi organisasi dalam meningkatkan motivasi pemuda kreatif di desa Prajegan?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian melakukan proses pengolahan data dengan menganalisis data lapangan, hasil wawancara dan observasi berdasarkan teori yang relevan yaitu teori kepemimpinan dan teori hierarki menurut Abraham H. Maslow yang mengenai komunikasi organisasi.
Hasil penelitian berdasarkan metode analisis yang telah dilakukan peneliti, menyimpulkan: (1) Peranan komunikasi organisasi Karang Taruna Suryo Pandhowo dalam meningkatkan motivasi pemuda kreatif desa Prajegan adalah melalui strategi kepemimpinan dengan menggunakan Gaya Pemberitahu (Telling) dan Partisipatif (participation) yaitu ketua karang taruna memberikan instruksi yang jelas dan mengajak para anggotanya untuk berperan serta secara aktif dalam proses pengambilan keputusan melalui komunikasi yang ada secara efektif, sehingga hal tersebut dapat memberikan motivasi bagi para anggota untuk mengembangkan kreatifitasnya masing-masing. (2) Faktor pendukung dan penghambat komunikasi organisasi dalam meningkatkan motivasi pemuda kreatif di desa Prajegan yaitu dengan memberikan upah/insentif, pendelegasian anggota untuk mengikuti berbagai pelatihan, menggunakan gaya penjual (selling), dan pemberian penghargaan. Sementara faktor penghambatnya karena para anggota yang memiliki kesibukan masing-masing sehingga pertemuan sering tertunda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Romdlon Saputra
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2021 06:57
Last Modified: 12 Jan 2021 06:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12750

Actions (login required)

View Item View Item