Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Sailul Ulum Pagotan

Utami, Andintika Prameswari (2020) Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Sailul Ulum Pagotan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tesis A5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kata Kunci : Supervisi, Tugas Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tugas supervisi Kepala Sekolah yang dihadapkan dengan permasalahan profesionalisme guru. Guru merupakan komponen pendidikan yang utama dan berinteraksi langsung dengan siswa. Guru harus memiliki kesadaran untuk memenuhi kompetensi, standar kualifikasi, dan kriteria sebagai guru profesional. Akan tetapi saat ini masih banyak guru yang kurang profesional, sehingga tidak maksimal dalam memberikan pembelajaran di kelas. Permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Sailul Ulum Pagotan?, 2) Apa saja Kendala-Kendala Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Sailul Ulum Pagotan?, 3) Bagaimana Implikasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Sailul Ulum Pagotan?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Sailul Ulum dilakukan sesuai dengan tahap-tahap supervisi, mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi Hasil Supervisi, kemudian Tindak Lanjut setelah diadakannya supervisi. 2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi oleh Kepala Sekolah di antaranya adalah ghirah keilmuan yang masih kurang, pemimpin yang kurang berwibawa, kreativitas yang lemah, fasilitas yang kurang mendukung dan memadai, tidak menguasai materi dan metodologi pembelajaran, tingkat kedisiplinan yang masih rendah. 3) Supervisi kepala sekolah terhadap guru di Madrasah Ibtidaiyah Sailul Ulum belum berimplikasi sepenuhnya terhadap peningkatan profesionalisme guru. Namun supervisi yang dilakukan telah memotivasi para guru untuk meningkatkan kompetensinya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah guru yang mendapatkan sertifikat pendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:01
Last Modified: 12 Jan 2021 04:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12748

Actions (login required)

View Item View Item