(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA) PEMBACAAN MANAQIB SYEKH ABDUL QADIR AL JAILANI DI PONDOK PESANTREN AL BAROKAH MANGUNSUMAN SIMAN PONOROGO

Surahmn, Dhany (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA) PEMBACAAN MANAQIB SYEKH ABDUL QADIR AL JAILANI DI PONDOK PESANTREN AL BAROKAH MANGUNSUMAN SIMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
UPLOAD_Acmad_Sholi_Rahmadani,_210315143[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahmadani, Acmad Sholi, 2020. Pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir AlJailani di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. (Analisis Teori Tindakan Sosial Max Weber). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Fata Asrofi Yahya, M. Pd I.

Kata kunci: Jamaah Manaqib, Pondok Pesantren.

Salah satu kontribusi pendidikan agama Islam di dalam masyarakat adalah pengalaman spiritual. Pengalaman spiritual tersebut bisa berupa kegiatan manaqib, yang mana dalam kegiatan tesebut terdapat pendidikan akhlaq untuk membentuk manusia yang lebih baik. Berawal dari sebuah sikap yang ditunjukkan oleh salah satu jamaah manaqib yang mengira manaqib adalah suatu kegiatan yang sedikit menyimpang dari ajaran Islam yaitu syirik. Dari masalah di atas peneliti ingin meluruskan hal tersebut dengan meneliti tindakan dan perilaku para jamaah manaqib Syekh Abdul Qadir Al Jailani di Pondok Pesantren Al Barokah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dandokumentasi.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) bagaimana Motif Tindakan Rasional Nilai dalam dalam pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qadir Al-Jailani di Pondok Pesantren Al Barokah dan (2) bagaimana Motif Tindakan Tradisional dalam pembacaan manaqib Syekh Abdul Qadir Al- Jailani di Pondok Pesantren Al Barokah.

Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa : (1) Motif tindakan rasional nilai dalam pembacaan manaqib Syekh Abdul Qadir Al Jailani yaitu perilaku para jamaah dan seluruh orang yang terlibat dalam kegiatan ini yang dilihat dari nilai sosial dan spiritual. Motif yang dilakukan pelaku sangat beragamdan mempunyai manfaat tersendiri. Dalam nilai sosial dapat diketahui seperti gotong royong, toleransi dan disiplin. Hal ini sangat bagus sekali apabila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan dalam nilai spiritual dapat diketahui seperti sabar, menguatkan iman dan meningkatkan taqwa kepada Allah SWT. (2) Motif tindakan tradisional nilai dalam pembacaan manaqib Syekh Abdul Qadir Al Jailani yang pertama, menjaga amanah yang sudah diturunkan oleh Kiai. Kedua, menjaga keaslian dan melestarikankegiatanpembacaan manaqib agartidak pudar di era modern seperti ini, sehingga nilai spiritual dari manaqib tetap terjaga. Ketiga, menjaga tradisi bertawassul kepada para Nabi dan Wali Allah SWT dan yang terakhir selalu menjaga keistiqomahan dalam kegiatan pembacaan manaqib Syekh Abdul Qadir AlJailani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata asyrofi yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jan 2021 02:37
Last Modified: 12 Jan 2021 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

View Item View Item