Analisis Maqa<s{id al-Syari<’ah terhadap Implementasi Fatwa MUI Nomer 26 Tahun 2013 tentang Standar Kehalalan Produk Kosmetika dan Penggunaannya

Khoiriyah, Chusnul (2020) Analisis Maqa<s{id al-Syari<’ah terhadap Implementasi Fatwa MUI Nomer 26 Tahun 2013 tentang Standar Kehalalan Produk Kosmetika dan Penggunaannya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Chusnul Khoiriyah_ HES_210214324.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Chusnul Khoiriyah, 2020.Analisis Maqa<s{id al-Syari<’ah terhadap Implementasi Fatwa MUI Nomer 26 Tahun 2013 tentang Standar Kehalalan Produk Kosmetika dan Penggunaannya. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Hj. Atik Abidah M.S.I.
Kata Kunci: Kosmetik, alkohol, merkuri.
Kehidupan masyarakat saat ini tak dapat dipisahkan dari kosmetika. Beragam produk kosmetika seperti bedak, lotion, roll-on, pembersih wajah dan sebagainya sudah menjadi kebutuhan yang umumnya digunakan masyarakat. Namun perlu diketahui bahwa kebanyakan produk-produk tersebut mengandung alkohol yang masih dipertanyakan kehalalannya. Tak hanya it produk kosmetik pemutih wajah yang mengandung mekuri saat ini ramai dibicarakan, di Indonesia krim pemutih wajah laris diperdagangkan karena dianggap dapat memuthkan secara instan tanpa mengetahui resiko yang akan dialami penggunanya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana analisis maqa<s{id al-syari<’ah terhadap penggunaan alkohol pada kandungan kosmetik dalam Fatwa MUI No. 26 Tahun 2013 Tentang Standar Kehalalan Produk Kosmetika Dan Penggunaannya?2)Bagaimana analisis maqa<s{id al-syari<’ahterhadap penggunaan merkuri pada kosmetik dalam Fatwa MUI Nomor 26 Tahun 2013 Tentang Standar Kehalalan Produk Kosmetika Dan Penggunaannya?
Maqa<s{id al-syari<’ahadalah syariat yang memiliki tujuan untuk kemaslahatan umat. Kemaslahatan dapat diwujudkan apabila lima unsur pokok dapat diwujudkan dan dipelihara. Kelima unsur pokok tersebut menurut al-Syatibi adalah h{ifdz al-di<n(memelihara agama), h{ifdz al-nafs (memelihara jiwa), h{ifdz al-‘aqli (memelihara akal), h{ifdz al-nas{l (memelihara keturunan) dan h{ifdz al-ma<l (memelihara harta).
Data penelitian ini berasal dari bacaan dan jurnal-jurnal yang berhubungan dengan penggunaan alkohol dan merkuri dalam bahan pembuatan kosmetik yang kemudian dianalisis menggunakan metode deduktif dan deskriptif.
Melalui pembahasan yang dilakukan, akhirnya mendapat kesimpulan bahwa pemanfaatan alkohol dalam pembuatan kosmetik menurut keputusan MUI Nomor 26 Tahun 2013 dihukumi mubah selama tidak melebihi standart yang ditentukan MUI. Hal ini sesuai dengan konsep maqa<s{id syari<’ah dalam konsep hifdz al-nafs ditingkat tah{si<niyah. Selanjutnya mengenai Fatwa MUI terkait dengan merkuri memang belum ada secara khusus fatwa MUI yang membahas secara langsung tentang penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri (Hg), akan tetapi hal tersebut dapat diqiyaskan dengan fatwa MUI tentang penyalahgunaan ectasy dan zat-zat sejenisnya, hal ini sesuai dengan konsep maqa<s{id al-syari<’ah dalam hal hifdz al-nafs ditingkat d{aru<riyyah oleh karena itu merkuri sama bahayanya dengan ectasy dan sejenisnya maka merkuri dihukumi haram. Karena lebih banyak menunjukkan bahaya dari pada manfaatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Atik Abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:07
Last Modified: 11 Jan 2021 04:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12735

Actions (login required)

View Item View Item