Pengaruh Lingkungan Kerja, Self-Efficacy dan Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja Guru di MTs Swasta se-Kecamatan Balong Ponorogo

MAR'ATUS SHOLIHAH, AFRINA (2020) Pengaruh Lingkungan Kerja, Self-Efficacy dan Kesejahteraan Terhadap Kepuasan Kerja Guru di MTs Swasta se-Kecamatan Balong Ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
AFRINA MAR'ATUS SHOLIHAH (502180002).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, SELF-EFFICACY DAN KESEJAHTERAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI MTS SWASTA SE-KECAMATAN BALONG PONOROGO

ABSTRAK

Salah satu sasaran penting yang menunjang guru utuk bekerja dengan sebaik-baiknya adalah terciptanya kepuasan kerja. Kepuasan kerja berimplikasi pada aktifitas guru dalam bekerja bekerja penuh semangat dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja self-efficacy dan kesejahteraan terhadap kepuasan kerja guru di MTs swasta se-Kecamatan Balong Ponorogo. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait fokus ini karena guru menjadi salah satu faktor yang memberi kontribusi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan Salah satu sasaran penting yang menunjang guru untuk bekerja sebaik-baiknya yaitu terciptanya kepuasan kerja. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode quantitative assosiatif kausa. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua guru di MTs swasta se-Kecamatan Balong Ponorogo, yang berjumlah 57 orang. Peneliti menggunakan sampel jenuh, yang terdiri dari 57 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisisnya menggunakan analisis regresi linier berganda dibantu dengan program SPSS Versi 16.0 untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja self-efficacy dan kesejahteraan terhadap kepuasan kerja guru di MTs swasta se-Kecamatan Balong Ponorogo. Pada analisis datanya menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan lingkungan kerja, self-efficacy dan kesejahteraan terhadap kepuasan kerja di MTs Swasta se-Kecamatan Balong Ponborogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesejahteraan saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai sig. kesejahteraan sebesar 0,018, karena 0,018 < 0,05. Jadi variabel tersebut harus tetap dipertahankan karena memberikan konstribusi dalam menentukan tinggi rendahnya kepuasan kerja guru. di MTs se-Kecamatan Balong Ponorogo tahun ajaran 2019-2020.

THE EFFECT OF WORK ENVIRONMENT SELF-EFFICACY AND WELFARE TOWARD TEACHER’S JOB SATISFACTION IN ISLAMIC PRIVATE JUNIOR HIGH SCHOOL AT BALONG DISTRICT PONOROGO

ABSTRACT

One of the important objective that sustains teachers to do their best performance is to create job satisfaction. This research is aimed to analyze the Effect of work environment self-efficacy and welfare toward teacher’s job satisfaction in Islamic Private Junior High School at Balong district Ponorogo. The researcher choose this study because teachers are important contributors to improving education, and the way to help teachers to do well in improving education is create teacher’s job satisfaction. The approach of this research was quantitative associative causal. The population of this research was the whole teachers of Islamic Private Junior High School at Balong district Ponorogo which consist 57 teachers. The researcher was using population sampling. The number of sample was 57 teachers. The data is collected by questionnaire, and the data were analyzed using multiple linier regression to determine the effect of work environment self-efficacy and welfare toward teacher’s job satisfaction in Islamic Private Junior High School at Balong district Ponorogo using SPSS (Statistical Package the Social Science) version 16.0 for windows. The data analysis showed that signification value of walfare is 0,018 and < 0,005 it’s mean that only walfare variable (X3 Variable) has affect toward teacher’s job satisfaction (Y variable). The researcher concluded that variable must be maintained because it’s give contributing decisive the high and low of job’s satisfaction in Islamic Junior High School at Balong subdistrict Ponorogo in academic year 2019-2020.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: ANDHITA DESSY WULANSARY
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:05
Last Modified: 11 Jan 2021 04:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item View Item