(PERSETUJUAN PEMBIMBING BLM ADA, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) Pemikiran Ekonomi Sosialis Haji Oemar Said Cokroaminoto

Mahardi, Didin Putra (2020) (PERSETUJUAN PEMBIMBING BLM ADA, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) Pemikiran Ekonomi Sosialis Haji Oemar Said Cokroaminoto. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tesis_Didin Putra Mahardi.pdf

Download (928kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

MAHARDI, DIDIN PUTRA.Pemikiran Ekonomi Sosialis Haji Oemar Said Cokroaminoto. Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Aksin, M.Ag.

Kata Kunci: Ekonomi Islam, Ekonomi Syari’ah, Ekonomi Sosialis.

Dunia akademisi mengenal sistem ekonomi kapitalis, sistem ekonomi sosialis dan sistem ekonomi Islam. Meski demikian, kajian mengenai sistem ekonomi sosialis masih sangat sedikit dilakukan. Kurang lebih pada kurun 100 tahun yang lalu, HOS. Cokroaminoto sudah membahas sosialisme dan kemiripan-kemiripannya dengan Islam. Hadirnya penelitian ini memiliki tujuan: 1). Menelaah bagaimana HOS. Cokroaminoto merekonstruksi sosialisme dengan asas agama Islam. 2). Merekonstruksi sistem ekonomi sosialis dengan asas agama Islam yang disusun oleh HOS. Cokroaminoto. Penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian pustaka (library research) khususnya studi pemikiran tokoh. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan ialah hermeneutika dialogis. Data-data yang diperlukan untuk penelitian ini didapat dari sumber-sumber primer maupun sekunder yang berkaitan dengan HOS. Cokroaminoto. Dari data-data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode analisis taksonomi. Hasil analisis disusun sesuai kategori untuk menjawab rumusan masalah atau tujuan penelitian dari tesis ini. Hasil dari penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan. Pertama, HOS. Cokroaminoto menafsirkan sosialisme hampir sama prinsipnya dengan pertemanan. Dalam sebuah hubungan pertemanan, masing-masing pihak yang terlibat memiliki kedudukan yang sejajar. Tanpa memandang kedudukan maupun status sosial masing-masing. Kedua, interpetasi sosialisme Islam HOS. Cokroaminoto dalam lingkup ekonomi setidaknya dibagi dalam empat sub bagian. 1). Urusan Hak Tanah (Agraria), 2). Konsep Traksaksional, 3). Akhlak dan Praktik Perdagangan, 4). Prioritas Umat. Berbeda dengan sistem ekonomi sosialis sekuler yang tidak mengakui kepemilikan pribadi, sosialisme cara Islam HOS. Cokroaminoto masih mengakui kepemilikan pribadi. Meraup keuntungan dalam sebuah transaksi perdagangan juga masih diperkenankan selama itu tidak dilakukan dengan cara-cara yang dhalim. Secara umum, konsep sosialisme cara Islam HOS. Cokroaminoto ialah harus terlebih dahulu memprioritaskan kepentingan umat dibanding kepentingan pribadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:46
Last Modified: 11 Jan 2021 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12728

Actions (login required)

View Item View Item