kontra radikalisme di sekolah: studi atas amaliah aswaja di sd islamiyah magetan

Halwani, Ridlo (2020) kontra radikalisme di sekolah: studi atas amaliah aswaja di sd islamiyah magetan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
KONTRA RADIKALISME DI SEKOLAH.pdf

Download (948kB) | Preview

Abstract

Halwani, Ridlo. 2020. Kontra Radikalisme di Sekolah (Studi Atas Amaliah Aswaja di SD Islamiyah Magetan). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Agama Islam. Program Passcasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi. M.Ag.
Kata Kunci: Kontra radikalisme, Amaliah Aswaja.
Tesis ini mengkaji Implementasi penguatan pendidikan karakter nasionalisme melalaui Amaliah Aswaja sebagai kontra radikalisme di SD Islamiyah Magetan. Pertanyaan penelitian ini ialah bagaimana implementasi penguatan pendidikan karakter nasionalisme melalui amaliyah Aswaja terhadap siswa di SD Islamiyah Magetan?, faktor apa yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai karakter nasionalisme melalui amaliyah Aswaja terhadap kontra radikalisme di SD Islamiyah Magetan?, bagaimana implikasi atas implementasi penguatan pendidikan karakter nasionalisme melalui amaliyah Aswaja terhadap kontra radikalisme di SD Islamiyah Magetan?.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode berfikir deskriptif analitis dengan memanfaatkan pendekatan penguatan pendidikan karakter Kemendikbud.
Hasil penelitian ini menunjukan implementasi penguatan pendidikan karakter nasionalisme melalaui Amaliah Aswaja di SD Islamiyah Magetan berbasis kelas, berbasis budaya sekolah dan berbasis masyarakat. Adapun ocial penghambat yakni propaganda melalui media ocial yang di dominasi faham-faham radikal sering diakses siswa. Sedang pendorong adalah mayoritas murid-murid merupakan Nahdliyin berfaham ahlu ssunnah wal jama’ah Nahdlatul Ulama, sekolah masih dalam satu lokasi dengan Cabang Nahdlatul Ulama Magetan sehingga atsmofir pembiasaan mudah diterima dalam pelaksanaannya. Selain itu kompetensi guru, dukungan dan komitmen orang tua sehingga memperkuat dalam pelaksanaan. Implikasi PPK nasionalisme melalui Amaliah Aswaja di SD Islamiyah Magetan yakni memuat nilai-nilai nasionalisme yang luhur lambat laun dapat membentuk karakter siswa dan mampu membentengi para siswa dari pengaruh paham radikal. Dengan begitu pada implementasi penguatan pendidikan karakter nasionalisme melalui Amaliah Aswaja di SD Islamiyah sebagai bentuk kontra radikalisme.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:45
Last Modified: 11 Jan 2021 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12727

Actions (login required)

View Item View Item