Studi Komparatif tentang Konsep Diskon Murabahah antara Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI Nomor 16 Tahun 2000 dan Pernyataan Standar Akuntansi(PSAK) Nomor 102

Amnesti, Narindra Palita (2020) Studi Komparatif tentang Konsep Diskon Murabahah antara Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI Nomor 16 Tahun 2000 dan Pernyataan Standar Akuntansi(PSAK) Nomor 102. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
0. TESIS NARINDRA PALITA_ ES_PASCA_18.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengomparasikan dan mengetahui konsep diskon dalam akad mura>bah{ah dalam transaksi Lembaga keuangan Syariah. Diskon dalam mura>bah{ah ini pada dasarnya konsep dan sistemnya sudah diatur oleh Fatwa Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI dan sistem akuntansi diatur oleh Pernyataan Standar Akuntansi keuangan (PSAK). Kedua dasar hukum ini seharusnya menjadi dasar transaksi dalam praktik lembaga keuangan Syariah. Pembiayaan mura>bah{ah ini merupakan pembiayaan yang paling dominan digunakan dalam transaksi lembaga keuangan Syariah. Namun ditemukan ketidak sinkronan mengenai status diskon dalam mura>bah{ah akan menjadi milik nasabah atau milik Bank sehingga menimbulkan berbagai perbedaan pemahaman. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka dan pendeketan komparatif normatif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diskon mura>bah{ah pada DSN-MUI No 16 Tahun 2000 dan PSAK 102. Dengan adanya penelitian ini semoga menjadi rujukan para praktisi lembaga Keuangan Syariah dalam praktik dan sistem dalam bermuamalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa DSN-MUI dan PSAK mengenai konsep diskon mura>bah{ah tidak sepenuhnya berbeda akan tetapi terdapat harmonisasi sehingga keduanya bisa saling melengkapi.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:44
Last Modified: 11 Jan 2021 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12726

Actions (login required)

View Item View Item