Upaya Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur'an Dengan Metode Tilawati (Studi Analisa di Madrasah Diniyah Hasan Tobri di Dusun Putuk kambeng Slahung Ponorogo)

Febriantika, Nadhifa Ela (2020) Upaya Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur'an Dengan Metode Tilawati (Studi Analisa di Madrasah Diniyah Hasan Tobri di Dusun Putuk kambeng Slahung Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e_theses _ 210316101_Nadhifa Ela Febriantika..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Febriantika, Nadhifa Ela. Upaya Meningkatkan Pembalajaran Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati ( Studi Analisa di Madrasah Diniyah Hasan Tobri di Dusun Putuk Kambeng Slahung Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Arif Wibowo, M. Pd.I
Kata kunci: Peningkatan, Pembelajaran, Metode Tilawati
Peneliti menggambil penelitian di Madrasah Diniyah Hasan tobri karena di Madrasah Diniyah Hasan tobri pada awalnya belum menggunakan Metode Tilawati tetapi mengunakan Metode lain (Iqro’ dan An Nadhiyah). Dengan berjalanya waktu kurang lebih tiga tahun hasil dari pembelajaran di Madrasah Diniyah Hasan tobri kurang memuaskan. Terlihat dari banyak siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Dengan adanya permasalahan tersebut maka madin hasan tobri berinsiatif mengubah metode lama ke metode baru. Di harapkan dengan adanya perubahan metode tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui Pelaksanan pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tilawati di Madrasah Diniyah Hasan Tobri di Dusun Putuk Slahung Ponorogo.(2) Mengetahui Bentuk Upaya Madrasah Diniyah Hasan Tobri di Dusun Putuk dalam menerapkan metode Tilawati untuk meningatkan Kemampuan membaca Al-Qur’an Santri. (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan Pembelajara Al-Qur’an dengan Metode Tilawati di Madrasah Diniyah Hasan Tobri di Dusun Putuk Slahung.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah Metode Pembelajalan dengan Mengguakan Metode Tlawati Di Madrasah Diniyah HasanTobri.(1) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tilawati.pelaksanan pembelajaran Al-Qur’an sesuai dengan Metode Tilawati. Dari segi penataan kelas yang kondusif. Dari segi evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tilawati.(2) Upaya madrasah Madin Hasan Tobri. Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Metode Tilawati. Pelaksanaan pelatihan guru setiap malam Jum’at, pelaksanaan khataman (khotmil Qur’an), pelatihan guru yang sudah berstandarisasai, pelatihan guru metode Tilawati baik yang di adakan di surabaya atau cabang.(Ponorogo).(3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Tilawati di pengaruhi oleh Faktor pendukung ekternal adanya dukungan dari berbagai kalangan di masyarakat baik itu dari pemerintah desa da umum. faktor pendukung internal kualitas SDM yang ada di dalamnya. Faktor penghambat secara ekternal adanya kesenjangan opini beberapa wali. Faktor penghambat internal yaitu : minimnya tenaga pendidik dan sulitnya mencari pendidik yang bersetandarisasai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:38
Last Modified: 11 Jan 2021 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12719

Actions (login required)

View Item View Item