Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Ma'arif Balong Ponorogo

Sriwahyuni, Dwi Indah (2020) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Ma'arif Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dwi Indah upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sriwahyuni, Dwi Indah. 2020.Pengaruh Pesepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa di MTs Ma’arif bBalong Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Persepsi, Kompetensi Pedagogik, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Prestasi Belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan proses pembelajaran di kelas. Ada dua faktor yang mempengaruhinya, yaitu faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internalnya adalah motivasi belajar.Motivasi belajar memiliki peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa karena merupakan dorongan untuk melakukan aktifitas belajar. Sedangkan salah satu faktor eksternalnya adalah guru dan cara mengajarnya. Cara mengajar guru merupakan salah satu indikator dalam kompetensi pedagogik guru.Dalam kasus ini persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru memiliki peranan yang penting dalam menentukan prestasi belajar siswa di kelas karena mempengaruhi tingkat kepercayaannya terhadap guru.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar di MTs Ma’arif Balong Ponorogo, pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ma’arif Balong Ponorogo, dan pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ma’arif Balong Ponorogo.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Ma’arif Balong Ponorogo yang berjumlah 144 siswa dan sampel yang digunakan adalah 22 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling.Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Pada perhitungan pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ma’arif Balong diperolehtaraf signifikansi 0,001 < 0,05 dan Fhitung (16,430) > Ftabel (4,35) sehingga H0 dtolak. Sehingga dapat disimpullan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ma’arif Balong. (2) Pada perhitungan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ma’arif Balong diperolehtaraf signifikansi 0,003 < 0,05 dan Fhitung (11,533) > Ftabel (4,35) sehingga H0 dtolak. Sehingga dapat disimpullan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ma’arif Balong. (3) Pada perhitungan pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ma’arif Balong diperolehtaraf signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fhitung (19,452) > Ftabel (3,52) sehingga H0 dtolak. Sehingga dapat disimpullan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di MTs Ma’arif Balong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:18
Last Modified: 08 Jan 2021 02:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12711

Actions (login required)

View Item View Item