literasi al-qur'an siswa sekolah menengah atas (sma) negeri (studi kasus di sma negeri 2 ponorogo)

Nafiah, Widia Mariatun (2020) literasi al-qur'an siswa sekolah menengah atas (sma) negeri (studi kasus di sma negeri 2 ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-210316119-WIDIA MARIATUN NAFIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nafiah, Widia Mariatun. 2020. Literasi Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri (Studi Kasus Di SMA Negeri 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Natsir, M.Pd.I.

Kata Kunci: Literasi Al-Qur’an, Motivasi Belajar, PAI, Implikasi
Motivasi belajar diperlukan dalam proses belajar. Karena apabila seseorang tidak memiliki motivasi belajar, tidak akan mungkin ia mampu melakukan aktivitas belajar dengan baik. Permasalahan yang ditemukan dilapangan adalah mayoritas siswa cenderung lebih mementingkan mata pelajaran umum daripada keagamaan. Padahal PAI merupakan pelajaran inti, yang dinilai berperan dalam mewujudkan kepribadian peserta didik yang religius dengan karakter iman, ilmu, dan amal. Menyikapi hal tersebut di SMAN 2 Ponorogo sebagai lembaga pendidikan formal berbasis umum bukan madrasah, menerapkan gerakan literasi Al-Qur’an bagi peserta didiknya yang beragama Islam. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti tertarik untuk mengetahui sejauh mana kegiatan literasi ini berperan penting dalam berlangsungnya pembelajaran PAI.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengungkap pelaksanaan literasi Al-Qur’an di SMAN 2 Ponorogo, 2) Mendeskripsikan implikasi literasi Al-Qur’an pada motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di kelas X MIPA SMAN 2 Ponorogo.
Untuk itu, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMAN 2 Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam (deep-interview).
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bentuk pelaksanaan literasi Al-Qur’an di SMAN 2 Ponorogo yaitu 15 menit sebelum KBM berlangsung setiap hari selasa-rabu (membaca al-Qur’an), kamis (menghafalkan Juz ‘Amma), dan jum’at (berpidato). Sebagai penunjang kegiatan tersebut, Tim Literasi Sekolah menyusun buku pegangan wajib “Literasi Al-Qur’an” bagi setiap siswa. 2) Terdapat dua implikasi yaitu a) bersifat positif bahwa literasi Al-Qur’an mampu menumbuhkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI serta membawa dampak meningkatnya keterampilan meliputi kemampuan menghafal, membaca, menyimak, dan melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an. b) bersifat negatif yaitu siswa malas, pasif dan tidak memiliki motivasi belajar PAI dikarenakan kecanduan terhadap gadget sebagai media literasi dan belajar. Selain itu, jumlah jam awal pembelajaran akademik terpotong selama 15 menit untuk kegiatan literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Natsir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jan 2021 06:29
Last Modified: 05 Jan 2021 06:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12701

Actions (login required)

View Item View Item