(KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA, PERSETUJUAN, PENGESAHAN (HARUS DI TANDA TANGANI DULU, KATA PENGANTAR, MOTTO, LAMPIRAN TIDAK PERLU DI UPLOAD, watermark belum ada...SILAKAN UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Dampak Praktik Pemanfaatan Lahan di Aloon-aloon Ponorogo terhadap Ekonomi Pedagang Kaki Lima (PKL)

Adhyarini, Zulionara (2020) (KESEDIAAN PUBLIKASI BELUM ADA, PERSETUJUAN, PENGESAHAN (HARUS DI TANDA TANGANI DULU, KATA PENGANTAR, MOTTO, LAMPIRAN TIDAK PERLU DI UPLOAD, watermark belum ada...SILAKAN UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Dampak Praktik Pemanfaatan Lahan di Aloon-aloon Ponorogo terhadap Ekonomi Pedagang Kaki Lima (PKL). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Dampak Praktik Pemanfaatan Lahan di Aloon-aloon Ponorogo terhadap Ekonomi Pedagang Kaki Lima (PKL).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sebagai urat nadi perekonomian masyarakat, Pedagang Kaki Lima (PKL) di Ponorogo sangat berkembang pesat, salah satunya PKL di Aloon-aloon Ponorogo. PKL telah mampu ikut memperkuat produktivitas pekerjaan marginal di sektor kewirausahaan. PKL juga memberikan pelayanan ekonomi yang terjangkau, dan menjadi bagian integral dari sistem ekonomi, sekaligus ikut berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi nasional. Pemanfaatan lahan di Aloon-aloon ini tentu akan memberikan dampak ekonomi terhadap yang memanfaatkannya. Baik terhadap pemerintah daerah, dampak terhadap ekonomi para PKL dan dampak terhadap masyarakat. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun objek penelitian adalah Aloon-aloon Ponorogo, sedangkan subjek penelitian adalah para PKL. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemanfaatan lahan di Aloon-aloon Ponorogo dilaksanakan sesuai dengan Perbub Ponorogo No. 32 Tahun 2016. Pengelolanya adalah Dinas Perdagkum, dibantu Bagian Umum Tata Usaha Pemkab Ponorogo. Manajemen kolaborasi sewa lahan dilaksanakan oleh Dinas Perdagkum, berkolaborasi dengan Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Pembagian kewenangan politis dan administrasi antar instansi tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan yang termaktub dalam anggaran dasar masing-masing instansi. Pemanfaatan lahan Aloon-aloon membawa dampak kesejahteraan ekonomi yang cukup besar, utamanya dampak terhadap ekonomi PKL, dampak terhadap pemerintah daerah, dan dampak terhadap ekonomi masyarakat. Adapun dampak langsung terhadap ekonomi pedagang kaki lima adalah terwujudnya kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Luhur Prasetyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jan 2021 05:09
Last Modified: 05 Jan 2021 05:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12700

Actions (login required)

View Item View Item