Metode Membangun Karakter Santri di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo

zulfa inayati, kunni (2020) Metode Membangun Karakter Santri di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E THESIS SKRIPSI 210316347 KUNNY ZULFA INAYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Zulfa Inayati, Kunni. 2020. Metode Membangun Karakter Santri di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbung, Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.

Kata Kunci : Karakter Santri, Metode Membangun Karakter

Karakter santri merupakan watak perilaku santri yang membentuk santri menjadi baik. Menjadi santri yang memiliki karakter yang baik dapat terwujudnya santri yang dapat mengembangkan jati diri yang baik. Pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo dengan adanya karakter yang menjadikan santri dapat menjadi insan yang mulia dan generasi yang baik.
Rumusan masalah meliputi; 1) Bagaimana karakter santri di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo. 2) Bagaimana metode membangun karakter santri di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tehnik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa karakter santri di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo, meliputi; (1) karakter santri meliputi karakter kepatuhan taat terhadap peraturan pondok dan patuh terhadap kiai dan guru/ustazah, (2) karakter kemandirian dari santri mempunyai sikap dan perilaku yang tidak bergantung pada orang lain dan dapat bertanggung jawab menjadi jati diri yang berprestasi. (3) karakter kesederhanaan santri dengan membiasakan makanan yang sederhana, memakai pakaian yang sederhana dengan mandiri. (4) karakter kebersamaan dan kekeluargaan santri selalu menjaga tali persaudaraan sehingga bisa menghargai satu sama yang lain dalam suka dan duka. Selanjutnya metode membangun karater santri dengan menggunakan tiga metode meliputi; (1) metode pengajaran dengan mengajarkan santri untuk tetap mematuhi peraturan pondok dan menyerap ilmu pengetahuan yang baik. (2) Metode pembiasaan yang menjadikan santri membiasakan berkarakter yang secara rukhiyah dengan menerapkan kegiatan shalat berjamaah di aula pondok dan mujahadah. (3) Metode penegakan aturan yang membuat santri lebih mengerti aturan pondok dengan ditegakkan aturan berupa ta’ziran dan ibadah amaliyah yang menjadikan santri disiplin dalam melaksanakan kegiatan yang ada di pondok.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:49
Last Modified: 04 Jan 2021 04:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12693

Actions (login required)

View Item View Item