Simaan Al-Qur'an Ahad Pahing Sebagai Stimulus Untuk Menjadi Hafidz (Study kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan)

Handoko, Edi (2020) Simaan Al-Qur'an Ahad Pahing Sebagai Stimulus Untuk Menjadi Hafidz (Study kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EDI HANDOKO convert.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Handoko, Edi, 2020. “Sima’an Al-Qur’an Ahad Pahing Sebagai Stimulus Untuk Menjadi Hafidz (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan)”. Skripsi. Fakultas Usuludin, Adab dan Dakwah. Jurusan Bimbingan dan Penyuluh Islam. Institute Agama Islam Negri Ponorogo, Pembimbing Drs. H. Agus Romdlon S, M.H.I.
Kata kunci : Sima’an Al-Qur’an Ahad Pahing Dan Stimulus.
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa bahwa di zaman sekarang yang super canggih ini masih banyak remaja yang perduli akan keagungan Al-Qur’an. Dengan keagungan Al-Qur’an dapat memberikan barokah dan kenikmatan pada hidup di masa depan nanti. Sima’an Al-Qur’an adalah membaca Al-Qur’an dan diperdengarkan kepada satu orang atau lebih. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan mendirikan program sima’an Al-Qur’an Ahad Pahing dengan tujuan untuk mencetak generasi masa depan dengan Al-Qur’an. Sima’an Al-Qur’an Ahad Pahing ini dilakukan dengan system bil-Ghoib, maka dari itu para santri harus menghafalkan terlebih dahulu. Karena itu peneliti ingin mengetahui (1) bentuk sima’an Al-Qur’an Ahad Pahing di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan, (2) faktor pendukung dan penghambat terselenggaranya sima’an Al-Qur’an Ahad Pahing, (3) bentuk stimulus santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan.
Dalam hal ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknis pengumpulan data berupa wawancara, opservasi dan dekumentasi. Untuk menganalisisnya dengan behavior teori Edward Lee Thorndike terdapat teori koneksioning yang sesuai dengan system menghafalkan Al-Qur’an. Ketiga teori itu adalah Law Of radines (Hukum kesiapan), Law Of Exerices (Hukum latihan), Law Of Effect (Hukum efek).
Dari hasil pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Law Of radines santri yang menghafalkan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Hasan harus siap jika di tunjuk untuk menjadi peserta sima’an Al-Qur’an Ahad Pahing, (2) Law Of Exerices dalam menyiapkan hafalan dan mental untuk menyiapkan sima’an Al-Qur’an Ahad Pahing, para santri harus selalu berlatih dan mengulang-ulang hafalan agar bisa semakin lancer dan mendapatkan mental yang kuat saat berada di atas panggung nantinya. (3) Law Of Effect setelah santri turun dari panggung karena sudah selesai sima’an, maka dilihat bagaimana efeknya. Jika santri bisa membaca di atas panggung dengan lancer dan mental yang baik, maka setelah turun dari panggung akan mendapatkan perasaan yang bahagia, tetapi sebaliknya, jika saat membaca masih banyak hafalan yang lupa atau salah maka turun dari panggung akan merasakan kekecewaan karena tak menhyiapkan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus romdlon
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:04
Last Modified: 04 Jan 2021 04:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12691

Actions (login required)

View Item View Item