Pengaruh Budaya Sekolah Piket Simpatik Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo

Setiawan, Angger Rahino (2020) Pengaruh Budaya Sekolah Piket Simpatik Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UPLOAD 210316014 Angger Rahino Setiawan.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahino Setiawan, Angger. 2020. Pengaruh Budaya Sekolah Piket Simpatik Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Budaya Sekolah, Piket Simpatik, Kedisiplinan Siswa
Penanaman kedisiplinan terhadap siswa harus dilakukan pada setiap kegiatannya, sehingga akan menjadi sebuah kebiasaan. Disiplin juga dapat direalisasikan ke dalam tata tertib sekolah, seperti yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Di sekolah tersebut tata tertib disusun dalam bentuk sebuah buku tata tertib. Dengan masih adanya beberapa masalah yang timbul khususnya dalam hal kedisiplinan para siswa, sekolah memberikan solusi dengan menggalakkan budaya sekolah dilingkungan SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Sistem pendidikan mengembangkan pola kelakuan tertentu sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat dari murid-murid. Salah satu budaya sekolah untuk menagatasi permasalahan yang diuraikan diatas ialah Piket Simpatik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti budaya sekolah piket simpatik di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. (2) mengetahui bagaimana tingkat kedisiplinan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. (3) mengetahui pengaruh budaya sekolah piket simpatik terhadap kedisiplinan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian non eksperimen yakni pendekatan yang digunakan untuk memperoleh data dari tempat tertentu yang alamiah dengan melakukan perlakuan dalam mengumpelkan datanya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana yang terdiri dari satu variabel independen (X) dan variabel dependen (Y).
Dari hasil penelitian pada siswa yang mengikuti kegiatan budaya sekolah piket simpatik dapat disimpulkan bahwa kategori baik sebanyak 14 siswa, kategori cukup sebanyak 96 siswa dan katgori kurang sebanyak 9 siswa. Sehingga secara umum siswa mengikuti kegiatan budaya sekolah piket simpatik siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dikatakan cukup. Dari hasil penelitian pada tingkatan kedisiplinan siswa khususnya kelas XI dapat disimpulkan bahwa kategori baik sebanyak 14 siswa, kategori cukup sebanyak 84 siswa dan kategori kurang sebanyak 21 siswa. Sehingga secara umum tingkat kedisiplinan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dapat dikatakan cukup. Adanya pengaruh budaya sekolah piket simpatik dapat dilihat pada tabel anova bahwa F hitung = 46,430 dengan taraf signifikansi 0,000. Dengan hasil akhir F hitung (46,430) > F tabel (3,94) maka Ha diterima : budaya sekolah piket simpatik berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Sedangkan besarnya pengaruh koefisien determinasi budaya sekolah piket simpatik (variabel X) terhadap kedisiplinan siswa (variabel Y) yang merupakan penguadratan dari R ditunjukkan dalam kolom R square sebesar 0,284. Yang dapat diartikan bahwa pengaruh budaya sekolah piket simpatik terhadap kedisiplinan siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo sebesar 28,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jan 2021 02:54
Last Modified: 04 Jan 2021 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12689

Actions (login required)

View Item View Item