Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Produsen (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Thoreng (Lentho Goreng) Di Desa Madusari Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo)

Siskawati, Novi (2020) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Produsen (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Thoreng (Lentho Goreng) Di Desa Madusari Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOVI 2.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Siskawati, Novi. 2020. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Produsen (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Thoreng (Lentho Goreng) Di Desa Madusari Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. H. Saifullah, M.Ag.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Perilaku Produsen
Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012, pelaku industri rumah tangga pangan diwajibkan untuk mencantumkan label yang memuat beberapa informasi, di antaranya tanggal kadaluarsa dan nomor izin edar produk pangan. Dalam memproduksi, tanggung jawab produsen diantaranya yaitu menyediakan produk yang aman bagi konsumen, serta menjamin adanya kualitas bahan baku pada produk-produknya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku produsen yang tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa, bahan baku atau komposisi dan nomor P-IRT? dan (2) Bagaimana tinjauan etika bisnis islam terhadap perilaku produsen tentang dampak yg ditimbulkan dengan tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa, bahan baku dan Nomor P-IRT?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara kemudian dianalisa dengan tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penarikan kesimpulan menggunakan metode induktif.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama produsen yang tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa, bahan baku dan nomor P-IRT tidak sesuai dengan etika bisnis Islam dan lima asas Good Governance bisnis syariah, sebab produsen tidak dapat memenuhi hak konsumen untuk mendapatkan informasi yang jelas atas produk yang mereka konsumsi. Kedua bahwa dampak yang terjadi karena tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa, bahan baku dan Nomor P-IRT bisa merugikan konsumen. Dalam hal ini ada produsen yang tetap mau memberikan ganti rugi kepada konsumen yang komplain, maka perilaku produsen dikatakan sesuai dengan etika bisnis Islam karena telah menerapkan asas responsibilitas, dan ada pula produsen yang tidak mau memberikan ganti rugi kepada konsumen yang komplain, maka perilaku produsen dikatakan tidak sesuai etika bisnis Islam dan melanggar asas responsibilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Saifullah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jan 2021 02:55
Last Modified: 04 Jan 2021 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12684

Actions (login required)

View Item View Item