dampak kegiatan dzikrul ghofilin terhadap peningkatan spiritualitas masyarakat di dusun wotan desa ngumpul kecamatan balong kabupaten ponorogo

Samsudin, Samsudin (2020) dampak kegiatan dzikrul ghofilin terhadap peningkatan spiritualitas masyarakat di dusun wotan desa ngumpul kecamatan balong kabupaten ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210313157 SAMSUDIN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Samsudin. 2020. Dampak Kegiatan Dzikrul Ghofilin Terhadap Peningkatan Spiritualitas Masyarakat Di Dusun Wotan Desa Ngumpul Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Skipsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudi Prahara, M.Ag.

Kata kunci: Spiritualitas Masyarakat, Dzikir, Dzikrul Ghofilin, Kegiatan Agama

Kegiatan Dzikrul Ghofilin merupakan salah satu kegiatan keagamaan yang didalamnya terdapat pengamalan dzikir dan pembinaan spiritualitas masyarakat. Pelaksanaannya di Masjid Kowang Rejo Dusun Wotan Desa Ngumpul Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Merupakan majelis dzikir guna mendekatkan diri kepada Allah, sekaligus merawat masyarakat dengan spirit syariat. Kegiatan yang telah terlaksana lama ini, menitik beratkan pada amalan-amalan dzikir harian serta pembinaan keagamaan masyarakat dalam menjalankan amalan ibadah sehari-hari.
Tujuan penelitian ini adalah: 1.) Untuk mendeskripsikan latar belakang atas pelaksanaan kegiatan Dzikrul Ghofilin di Dusun Wotan Desa Ngumpul Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo, 2.) Untuk mendeskripsikan dampak adanya kegiatan Dzikrul Ghofilin terhadap peningkatan spiritualitas keagamaan masyarakat di Dusun Wotan Desa Ngumpul Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian yang telah disimpulkan penulis, menunjukkan bahwa: 1.) Pelaksanaan kegiatan keagamaan Dzikrul Ghofilin setiap hari Jum’at malam Sabtu Kliwon di Masjid Kowang Rejo Dusun Wotan, dipimpin Bapak Katiman bersama masyarakat sekitar. Bertujuan untuk membina dan merawat keagamaan masyarakat dengan penanaman pemahaman pendidikan Agama Islam, pembinaan akidah dan akhlak, peningkatan amal peribadatan, berdzikir kepada Allah swt dan menjalin ukhuwah Islamiyah. Adapun serangkaian acara diawali dengan ceramah keagamaan, shalat sunnah berjamaah, pengamalan Dzikrul Ghofilin, lalu ditutup dengan doa bersama dan diakhiri melantunkan syair Dzikrul Ghofilin karya Gus Miek. 2.) Dampak kegiatan Dzikrul Ghofilin terhadap peningkatan spiritualitas masyarakat di Dusun Wotan Desa Ngumpul Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo ialah terbinanya akidah akhlak dan ukhuwah Islamiyah, senantiasa berdzikir setiap hari, menjadikan diri memiliki sifat sabar, bertawakal, bertaubat memohon ampun, rasa syukur, merasakan ketenangan dan kebahagiaan, meneladani orang-orang sholeh terdahulu dan terjalin hubungan sosial yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jan 2021 03:00
Last Modified: 04 Jan 2021 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12677

Available Versions of this Item

  • dampak kegiatan dzikrul ghofilin terhadap peningkatan spiritualitas masyarakat di dusun wotan desa ngumpul kecamatan balong kabupaten ponorogo. (deposited 04 Jan 2021 03:00) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item