Penerapan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran SKI di Kelas XI MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.

Zakwan, Ulfa Zahrotul Habibah (2020) Penerapan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran SKI di Kelas XI MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi_210316210_ Ulfa Zahrotul Habibah Zakwan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Zakwan, Ulfa Zahrotul Habibah. 2020. Penerapan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran SKI di Kelas XI MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultar Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Media Audiovisual, Motivasi Belajar Mata Pelajaran SKI
Media pembelajaran merupakan satu kesatuan dalam proses pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memahami pesan dari materi pelajaran. Media audiovisual adalah media yang menstimulus dua indera manusia secara bersamaan yaitu indera penglihat dan indera pendengar. Satu hal yang penting dalam siswa melakukan kegiatan belajar adalah adanya motivasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Hal ini menjadi tugas guru sebagai motivator untuk menyajikan pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa agar tercapainya tujuan pembelajaran dengan optimal. Guru mata pelajaran SKI di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal menerapkan media audiovisual (video) untuk meningkatkan motivasi belaja siswa.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media audiovisual untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran SKI di kelas XI MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, mendeskripsikan motivasi siswa setelah penerapan media audiovisual pada mata pelajaran SKI di kelas XI MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan media audiovisual untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran SKI di kelas XI MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menurut pakar Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Penerapan media audiovisual pada mata pelajaran SKI di kelas XI MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal didukung dengan sarana prasarana yang memadai. Media audovisual yang dipilih guru untuk diterapkan adalah media video dalam penerapannya melalui 3 tahap yaitu persiapan, pada tahap ini guru membuat rancangan pembelajaran, media yang akan diterapkan, dan persiapan kelas. Pelaksanaan, guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran, materi, dan media yang akan diterapkan. Menerapkan video sebagai media untuk memberikan motivasi pada siswa. Tindak lanjut, guru memberi penguatan terhadap materi, dan menentukan tindakan selanjutnya. (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas XI MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal menunjukan gairah belajar siswa tinggi, tumbuhnya semangat belajar, tumbuhnya kemandirian belajar siswa. (3) Faktor pendukung dalam penerapan media ini adalah sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak semua materi pelajaran dapat di-audiovisualkan (video), dan kecerdasan siswa yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ARIF RAHMAN HAKIM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jan 2021 02:48
Last Modified: 04 Jan 2021 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12663

Actions (login required)

View Item View Item