Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Al-Hidayah Dusun Blimbing Janti Slahung Ponorogo

Wardani, Elsa (2020) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Al-Hidayah Dusun Blimbing Janti Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316409 ELSA WARDANI UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wardani, Elsa. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar membaca Al-Qur’an Santri TPQ Al-Hidayah Dusun Blimbing Janti Slahung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mambaul Ngadhimah M.Ag..

Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Interaksi Sebaya, Motivasi Membaca
Membaca Al-Qur’an merupakan sesuatu yang menjadi kewajiban bagi setiap muslim karena Al-Qur’an akan menjadi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya. Dalam membaca Al-Qur’an tentu memerlukan motivasi. Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah adanya santri yang rutin dan tidak rutin datang ke TPQ Al-Hidayah Dusun Blimbing untuk belajar membaca Al-Qur’an.
Penelitian di TPQ Al-Hidayah ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri, (2) pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri, dan (3) pengaruh perhatian orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur’an santri.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto, yaitu penelitian sesudah kejadian, dengan tidak memberikan perlakuan kepada variabel-variabel bebas. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Hidayah dengan kategori cukup sebanyak 24 santri (75%), dan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 38,6%, (2) ada pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Hidayah dengan kategori cukup sebanyak 18 santri (56,25%), dan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 30,2%, dan (3) ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Hidayah dengan Fhitung (12,777) > Ftabel (3,33) atau Sig. < 0,050, dan besar koefisien determinasi (R2) adalah 0,522. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Dec 2020 06:54
Last Modified: 30 Dec 2020 06:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12661

Actions (login required)

View Item View Item