Studi Komparasi Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII Dengan Penerapan Metode Ceramah Dan Metode Role Playing Berbantuan Media Kartu Di MTs Miftahussalam Kambeng Tahun Ajaran 2020/2021

Afianti, Melia Rima (2020) Studi Komparasi Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII Dengan Penerapan Metode Ceramah Dan Metode Role Playing Berbantuan Media Kartu Di MTs Miftahussalam Kambeng Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Upload Melia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afianti, Melia Rima, 2020. Studi Komparasi Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VIII Dengan Penerapan Metode Ceramah Dan Metode Role Playing Berbantuan Media Kartu Di MTs Miftahussalam Kambeng Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Pryla Rochmawati, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Ceramah, Metode Role Playing, Media Kartu

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang rata-rata dibawah KKM Fiqih. KKM Fiqih kelas VIII di MTs Miftahussalam adalah 72. Masih banyak siswa yang nilainya di bawah KKM. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya yakni, guru menerapkan metode pembelajaran yang monoton. Siswa merasa bosan sehingga di dalam kelas mengantuk bahkan sampai tidur. Hal itu mengakibatkan hasil belajar menjadi kurang maksimal. Selain metode ceramah yang biasa diterapkan, salah satu alternatif metode dengan media pembelajaran yang dapat diterapkan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan penerapan metode role playing berbantuan media kartu. Diasumsikan bahwa penerapan metode role playing berbantuan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswi pada mata pelajaran Fiqih.
Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII dengan penerapan metode ceramah di MTs Miftahussalam Kambeng tahun ajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VIII dengan penerapan metode role playing bebantuan media kartu di MTs Miftahussalam Kambeng tahun ajaran 2020/2021. (3) Untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII antara kelas yang menggunakan metode ceramah dan metode role playing berbantuan media kartu pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahussalam Kambeng tahun ajaran 2020/2021.
Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment (eksperimen semu) dengan model Nonequivalent Control Group Design. Dalam rancangan ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa siswi kelas VIII, dengan sampel 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa kelas eksperimen dan 19 kelas kontrol. Menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji hipotesis (t-test).
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Hasil belajar siswa kelas VIII dengan penerapan metode ceramah di MTs Miftahussalam Kambeng tahun ajaran 2020/2021 mempunyai nilai rata-rata 78,94. (2) Hasil belajar siswa kelas VIII dengan penerapan metode role playing bebantuan media kartu di MTs Miftahussalam Kambeng tahun ajaran 2020/2021 mempunyai rata-rata 88,42. (3) Ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode ceramah dan metode role playing berbantuan media kartu pada mata pelajaran fiqih di MTs Miftahussalam Kambeng tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai thitung = 2,907, sedangkan untuk taraf signifikansi α = 0,05 dan N = 38, diperoleh nilai ttabel 2,028 jadi thitung > ttabel = 2,907 > 2,028, yang berarti H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Pryla Rochmawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Dec 2020 06:53
Last Modified: 30 Dec 2020 06:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12659

Actions (login required)

View Item View Item