Pemanfaatan Masjid dalam Pembelajaran PAI di SMPN 1 Jenangan

Trisnawati, Ayu Fitria (2020) Pemanfaatan Masjid dalam Pembelajaran PAI di SMPN 1 Jenangan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Upload Etesis AYU FITRIA TRISNAWATI_210316280.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Trisnawati, Ayu Fitria. 2020. Pemanfaatan Masjid Dalam Pembelajaran PAI Di SMPN 1 Jenangan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mukhlison Efendi, M.Ag
Kata Kunci: Masjid, Pembelajaran PAI.

Dalam mendorong aktivitas belajar siswa, seorang guru harus mampu memberikan sarana dan prasarana yang nyaman bagi siswanya agar siswa tersebut tidak mudah jenuh dalam melaksanakan kegitan pembelajaran. Dalam pembahasan ini peneliti berfokus pada guru agama Islam yang telah memanfaatkan prasarana sebagai tempat pembelajaran PAI. Di sekolahan SMPN 1 Jenangan ini pada setiap pelaksanaan pembelajaran PAI guru PAI di SMPN 1 Jenangan telah memafaatkan Masjid milik sekolah sebagai tempat pembalajaran materi PAI. Oleh sebab itu peneliti merasa tertarik untuk meneliti proses pembelajarannya, karena biasannya Masjid digunakan sebagai tempat beribadah namun di sekolah SMPN 1 Jenangan ini Masjid tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah tetapi juga dimanfaatkan guru sebagai tempat pembelajaran PAI untuk para siswa dan siswi SMPN 1 Jenangan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: (1) Bagaimana perencanaan pemanfaatan Masjid di SMPN 1 Jenangan. (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di Masjid SMPN 1 Jenangan. (3) Bagaimana implikasi atau hasil pelaksanaan pembelajaran PAI di Masjid SMPN 1 Jenangan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Mengenai teknik analisis data dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahapan-tahapan dalam penelitian berupa taha
Hasil analisis data ditemukan (1) Sebelum memulai pembelajaran PAI di Masjid perlu adanya persiapan baik guru maupun peserta didik. Seperti halnya di kelas guru juga mempersiapkan RPP, jurnal dan absen untuk siswanya sedangkan untuk siswa sendiri harus bersiap-siap datang kemasjid untuk melaksanakan pembelajaran PAI (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI di awali dengan pembelajaran praktek seperti berwudhu, kemudian sholat sunnah dan selanjutnya dilaksanakan dengan pembelajaran teori (3) Implikasi dari pembelajaran yang dilaksanakan di Masjid ini memberikan dampak yang positif bagi peserta didik. Walaupun pembelajaran PAI yang dilaksanakan di Masjid sangat sederhana tetapi perubahan siswa sudah terlihat sangat baik, peserta didik lebih menjaga perilakunya, dan karakter peserta didik juga mulai terbentuk, kemudian peserta didik ketika mendengarkan adzan segera bergegas bersiap-siap pergi ke Masjid karena sudah familiyar dengan Masjid berbeda dengan pembelajaran dikelas siswa hanya diajarkan teori saja dan tidak mendapatkan pembelajaran prakteknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Efendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Dec 2020 06:52
Last Modified: 30 Dec 2020 06:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12656

Actions (login required)

View Item View Item