PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS FISIK TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PONOROGO

Awaliyah, Risma Nur (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DAN KELENGKAPAN FASILITAS FISIK TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211216036 RISMA NUR AWALIYAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

RISMA NUR AWALIYAH, 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kelengkapan Fasilitas Fisik terhadap Kepuasan Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. A.B. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Pendidikan, Kelengkapan Fasilitas Fisik, Kepuasan Peserta Didik

Kepuasan peserta didik adalah suatu keadaan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan customer pendidikan dapat terpenuhi dengan adanya kesesuaian antara apa yang diharapkan dan dibutuhkan dengan kenyataan yang diterima. Ciri konsumen yang puas adalah lebih loyal terhadap suatu produk atau jasa. Konsumen dalam konteks penelitian ini adalah peserta didik. Peserta didik dapat mengalami kepuasan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk kualitas pelayanan yang diberikan oleh lembaga pendidikan serta adanya kelengkapan fasilitas fisik (sarana dan prasarana) yang tersedia. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa peserta didik, mengatakan bahwa kepuasan belum terasa secara maksimal dikarenakan ketika proses pembelajaran berlangsung masih kesulitan memahami mata pelajaran yang diberikan oleh guru mata pelajaran, selain itu layanan perpustakaan yang tersedia juga kurang maksimal dalam melayani peserta didik yang ada. Hal ini membuktikan bahwa peserta didik belum merasakan kepuasan. Melihat permasalahan tersebut, terjadi kurang maksimalnya pelayanan yang diberikan oleh stakeholder yang ada dimadrasah walaupun madrasah tersebut sudah negeri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ponorogo (2) pengaruh kelengkapan fasilitas fisik terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ponorogo (3) pengaruh kualitas pelayanan pendidikan dan kelengkapan fasilitas fisik terhadap kepuasan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ponorogo dengan jumlah populasi 849 peserta didik yang telah diambil sampel sebanyak 247 peserta didik sebagai responden penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut 1) terdapat pengaruh secara signifikan antara kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan peserta didik dibuktikan dengan t hitung > t tabel yaitu 8,301 > 1,969694; 2) terdapat pengaruh secara signifikan antara kelengkapan fasilitas fisik terhadap kepuasan peserta didik dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 5,751 > 1,969694; 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan pendidikan dan kelengkapan fasilitas fisik terhadap kepuasan peserta didik dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 38,106 > 3,05 pada tingkat kesalahan 5% besarnya signifikansi 0, 000 < 0, 05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: A.B. Musyafa’ Fathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Dec 2020 02:29
Last Modified: 30 Dec 2020 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12647

Actions (login required)

View Item View Item