Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di SMP Ma'arif 5 Ponorogo

Bahtiar, Yoga Agem (2020) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di SMP Ma'arif 5 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi 210316266 Yoga Agem Bahtiar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yoga Agem Bahtiar. 2020. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter
Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa di SMP Ma’arif 5 Ponorogo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Yusmicha Ulya Afif, M. Pd.I
Kata Kunci : Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab
Pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab sangatlah penting dan tidak dapat
dipisahkan dari kehidupan, karena tanpa karakter disiplin dan tanggung jawab seseorang akan
dengan mudah melakukan sesuatu yang dapat merugikan orang lain. Hal tersebut terbukti dari
kemerosotan moral yang mewarnai dunia pendidikan seperti yang terjadi di lembaga
pendidikan diantaranya, masih banyak siswa yang melanggar peraturan sekolah, tidak
mengerjakan tugas, datang terlambat, hingga membolos dan kurang kepatuhan siswa terhadap
guru. Dengan adanya hal tersebut diharapkan guru akan mampu membentuk karakter disiplin
dan tanggung jawab pada diri peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana peran guru Pendidikan
Agama Islam penting dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SMP
Ma’arif 5 Ponorogo (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter
disiplin dan tanggung jawab siswa di SMP Ma’arif 5 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Dengan pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara, serta dokumentasi
sebagai tekhnik pengumpulan datanya. Dan tekhnik yang dipilih dalam analisis data adalah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yag telah dilakukan, dapat dipahami dan disimpulkan sebagai berikut:
(1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab
siswa di SMP Ma’arif 5 Ponorogo sudah baik dimana guru Pendidikan Agama Islam dalam
pembentukan karakter siswa yang disiplin dan tanggung jawab telah mengajarkan dan
membimbing siswa untuk berperilaku yang berkarakter. Guru Pendidikan Agama Islam juga
menggunakan beberapa metode dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab seperti
metode pembiasaan, tak hanya dalam menyampaikan materi saja guru Pendidikan Agama Islam
harus dapat memberikan contoh yang baik kepada peserta didik. 2) sedangkan faktor pendukung
dan penghambat dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SMP Ma’arif
5 Ponorogo, dalam prakteknya guru, orang tua, teman sebaya dan lingkungan masyarakat bisa
menjadi faktor yang mendukung maupun menghambat upaya pembentukan karakter disiplin dan
tanggung jawab ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Dec 2020 00:21
Last Modified: 30 Dec 2020 00:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12645

Actions (login required)

View Item View Item