Dampak Game Mobile Legend Bang Bang Terhadap Karakter Disiplin Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo

Fanani, Hamas (2020) Dampak Game Mobile Legend Bang Bang Terhadap Karakter Disiplin Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316397 HAMAS FANANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah institusi yang menjadi media internalisasi nilai-nilai budaya ke dalam sikap dan perilaku peserta didik. Oleh karena itu, semua kegiatan pembelajaran diarahkan pada pembentukan karakter seperti tanggung jawab, jujur disiplin dan lain-lain agar peserta didik memiliki karakter yang kuat pada dirinya. Banyaknya hambatan dalam mencapai tujuan pendidikan untuk memiliki peserta didik yang berkarakter memang tidak lah mudah di tanggulangi. Seiring juga dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat di zaman modern ini, telah banyak menghasilkan suatu alat canggih yang dapat mempermudah pekerjaan manusia dalam kesehariannya, salah satunya adalah smartphone. Diciptakannya smartphone adalah sebagai alat untuk mempermudah kegiatan sehari-hari termasuk dalam kegiatan pembelajaran dan pembentukan karakter pada peserta didik, akan tetapi saat ini banyak yang menggunakannya untuk hal yang kurang bermanfaat seperti bermain game online mobile legend bang bang. Yang tanpa di sadari dapat menimbulkan dampak negatif terhadap karakter disiplin mahasiswa khususnya dalam hal perkuliahan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan karakter disiplin mahasiswa FATIK IAIN Ponorogo. (2) Mendeskripsikan dampak game mobile legend bang bang terhadap karakter disiplin mahasiswa FATIK IAIN Ponorogo. (3) Mengetahui upaya mahasiswa FATIK IAIN Ponorogo dalam meningkatkan karakter kedisiplinan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Prosedur pengumpulan datanya adalah dengan observasi partisipasi pasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, data display dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian.

Dari analisis data diperoleh hasil: (1) Mahasiswa FATIK di IAIN Ponorogo yang bermain game Mobile Legend kurang memenuhi kriteria peserta didik yang memiliki karakter disiplin yang baik dalam perkuliahan. (2) Bermain game online mobile legend bang bang memiliki dampak pada beberapa aspek kehidupan, seperti pada aspek psikologis yang bisa membuat senang, menghilangkan stress tetapi membuat kecanduan. Aspek ekonomis yaitu dapat menghasilkan uang tetapi kurang efisien waktu dalam mengerjakan suatu hal. Aspek sosiologis dapat menambah lingkup pertemanan tetapi membuat diri menjadi anti sosial dan kurang peka terhadap krisis di lingkungan. Dan pada aspek akademis yaitu mahasiswa dapat mempelajari suatu hal secara mendetail tetapi dapat juga membuat mahasiswa menjadi kurang disiplin dalam perkuliahan. (3) Mahasiswa FATIK IAIN Ponorogo dapat meningkatkan karakter disiplinnya dengan usaha yang dilakukan seperti selalu mengingat tujuan atau cita-cita yang ingin mereka capai, meninggalkan sesuatu yang kurang bermanfaat, membuat daftar prioritas yang akan dikerjakan dan menjalin hubungan dengan orang yang memiliki karakter disiplin yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju' Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Dec 2020 00:20
Last Modified: 30 Dec 2020 00:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12643

Actions (login required)

View Item View Item