Implementasi Program Muhadharah Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Peserta Didik di Mts An Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Qoriah, Septyan Ni'matul (2020) Implementasi Program Muhadharah Dalam Menumbuhkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Peserta Didik di Mts An Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI E THESIS SEPTYAN NI'ATUL QORIAH-converted.pdf

Download (956kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Muhadharah, Karakter Disiplin dan Tanggungjawab.
MTs An Najiyyah merupakan salah satu madrasah di Lengkong Sukorejo yang berada di lingkup pondok pesantren. Meskipun berada dalam lingkup pesantren, karakter peserta didik tidak akan berkembang apabila tidak ada pebiasaan-pembiasaan khusus yang dapat mengembangkan nilai karakter peserta didik. Maka dari itu, salah satu upaya MTs An Najiyyah dalam menumbuhkan karakter peserta didik adalah dengan di adakannya kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu diantaranya adalah program muhadharah. Kegiatan tersebut, dilakukan setiap satu minggu sekali dengan petugas bergilir, sebagai upaya dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik.
Tujuan diadakan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan program muhadharah dalam menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di MTs An Najiyyah, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dalam menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik melalui program muhadharah di MTs An Najiyyah, 3) untuk mengetahui hambatan dan tantangan dalam menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik melalui program muhadharah di MTs An Najiyyah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dibagi dalam tiga tahap yaitu, kodifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan program muhadharah dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab mengacu pada tugas-tugas peserta baik serta menginternalisasi langsung nilai-nilai karakter pada tema pidato 2) Dukungan yang diberikan pihak madrasah yaitu waktu, menetapkan guru pembimbing dan pengurus muhadharah, kebijakan madrasah dan sarana prasarana. 3) Hambatannya yaitu kurangnya minat peserta didik, malas, tidak memiliki bakat, dan kurangnya motivasi. Sedangkan tantangan yang harus dihadapi yaitu pembimbing untuk selalu memberikan arahan dan inovasi baru, Bagi pihak madrasah untuk bertindak tegas pada peserta didik yang malas. Dan bagi semua pihak untuk selalu memberi masukan, motivasi dan semangat pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Dec 2020 00:19
Last Modified: 30 Dec 2020 00:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12642

Actions (login required)

View Item View Item