Peran Lembaga Pesantren Bagian Pengasuhan Santri Dalam Meningkatkan Kesadaran Sholat Berjamaah (Studi Kasus Di Pondok Modern Arrisalah)

Puspitasari, Dian Wahyu Eka (2020) Peran Lembaga Pesantren Bagian Pengasuhan Santri Dalam Meningkatkan Kesadaran Sholat Berjamaah (Studi Kasus Di Pondok Modern Arrisalah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIAN WAHYU EKA.P 210316432.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Puspitasari,Dian Wahyu Eka. 2020. Peran Lembaga Pesantren Bagian Pengasuhan Santri Dalam Meningkatkan Kesadaran Sholat Berjamaah (Studi Kasus Di Pondok Modern Arrisalah). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Instistut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.H.Sutoyo, M.Ag.
Kata Kunci : Lembaga Pesantren,Sholat Berjamaah.
Sholat ialah suatu kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh. Jadi siapapun itu, jika ia seoramg muslim, maka ia harus melaksanakan sholat. Sholat terdiri dari 2 jenis, yaitu sholat wajib dan sholat sunnah. Sholat wajib ialah sholat yang harus dilakukan, sedangkan sholat sunnah ialah sholat yang dilakukan atau tidak tergantung dari pilihan orang tersebut.
Berdasar dari hasil observasi yang dilakukan peneliti, banyak anak usia Mts dan MA yang masih belum menyadari pentingnya sholat berjamaah dalam keseharian mereka. Juga dari hasil wawancara dengan bagian pengasuhan santri di pondok modern Arrisalah, diperoleh informasi bahwa mereka punya metode tersendiri dalam membiasakan para santri mereka untuk sholat berjamaah.
Tujuan dari penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui peran lembaga pesantren pengasuhan santri dalam meningkatkan kesadaran santri untuk melakukan sholat berjamaah, (2) untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh lembaga pesantren dalam meningkatkan kesadaran untuk melakukan sholat berjamaah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitiannya ialah studi kasus. Jenis penelitian ini ialah penelitian yang memusatkan pada hasil interview terhadap individu tentang suatu yang ada di sekitarnya.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa upaya yang dilakukan oleh bagian pengasuhan santri dalam meningkatkan kesadaran santri dalam melakukan sholat berjamaah dinilai cukup baik. Hal ini terbukti berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan peneliti, para santri dengan tertib berangkat ke masjid ketika sudah tiba waktu sholat berjamaah, para ustadzah pun juga melakukan hal serupa. Bahkan untuk mengantisipasi keterlambatan dalam mengikuti sholat berjamaah, para santri memilih untuk mengantri mengambil air wudhu sebelum adzan dikumandangkan.
Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan salah seorang bagian pengasuhan santri, ia juga mengatakan hal yang serupa. Para santri sudah menyadari betapa pentingnya sholat berjamaah. Hal ini terbukti, tanpa perlu sering dimarahi dan dihukum, mereka sudah melaksanakan apa yang menjadi tuntutan mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:29
Last Modified: 29 Dec 2020 06:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12634

Actions (login required)

View Item View Item