Pengaruh Interaksi Guru - Siswa dan Perhatian Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih MA YP KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/ 2021.

Rahmawati, Ismariyana Puput (2020) Pengaruh Interaksi Guru - Siswa dan Perhatian Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih MA YP KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo Tahun Ajaran 2020/ 2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ISMARIYANA PUPUT RAHMAWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rahmawati, Ismariyana Puput. 2020. Pengaruh Interaksi Guru - Siswa dan Perhatian Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih MA YP KH Syamsuddin Durisawo Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Kata Kunci: Interaksi Guru - Siswa, Perhatian Siswa, Prestasi Belajar.
Kegiatan belajar tidak dapat dipisahkan dari prestasi belajar. Prestasi belajar dapat diukur melalui faktor kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun salah satu yang dapat mempengaruhi rendahnya prestasi belajar adalah faktor internal yaitu; perhatian siswa, dan faktor eksternal yaitu; interaksi guru – siswa. Di MA YP KH Syamsuddin Durisawo mata pelajaran fiqih masih terdapat siswa yang hasil UTS masih dibawah KKM (belum maksimal).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) menjelaskan pengaruh interaksi guru - siswa terhadap prestasi belajar pelajaran fiqih MA YP KH Syamsuddin Durisawo tahun ajaran 2020/ 2021. (2) menjelaskan pengaruh perhatian siswa terhadap prestasi belajar pelajaran fiqih MA YP KH Syamsuddin Durisawo tahun ajaran 2020/ 2021. (3) menjelaskan pengaruh interaksi guru - siswa dan perhatian siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih MA YP KH Syamsuddin Durisawo tahun ajaran 2020/ 2021.
Metode penelitian yang dilakukan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 95 siswa. Sehingga teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Taknik yang menentukan semua anggota populasi sebagai sempel merupakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data ini melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Sedangkan pendekatan yang dilakukan peneliti ialah Regresi Linier Sederhana dan Regresi Linier Berganda merupakan teknis analisis data yang menggunakan melalui rumus statistik.
Dari hasil penelitian ditemukan: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara interaksi guru - siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih, dapat dibuktikan melalui uji t (thitung (-2,395) > ttabel -1,986) dan uji F (fhitung 5,736 > ftabel 3,94) didapatkan R Square sebesar 5,8% dan sisanya 94,2% terdapat dari faktor lainnya. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih, dapat dibuktikan melalui uji t (thitung 3,612 > ttabel 1,986) dan uji F (fhitung 13,048 > ftabel 3,94) didapatkan R Square sebesar 12,3% dan sisanya 87,7% dari faktor lainnya. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara interaksi guru-siswa dan perhatian siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih, dapat dibuktikan melalui uji coefficients (Y= 64,322 + (-0,567)X1 + 0,614X2) dan uji F (fhitung 11,337 > ftabel 3,09) didapatkan R Square sebesar 19,8% dan sisanya 80,3% dipengaruhi dari faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:31
Last Modified: 29 Dec 2020 06:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12631

Actions (login required)

View Item View Item