Peranan Mualim Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Dan Tanggung jawab Musyrif Di Ma'had Al Jami'ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo Putra

Kurniawan, Dimas (2020) Peranan Mualim Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Dan Tanggung jawab Musyrif Di Ma'had Al Jami'ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo Putra. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PUBLIKASI PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kurniawan, Dimas. 2020. Peranan Mualim Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Musyrif Di Ma’had Aljami’ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo Putra. Skripsi. Juurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Arif Wibowo, M,Pd.I.
Kata Kunci: Mualim, Sikap Kedisiplinan, dan Tanggung jawab, Musyrif.
Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshar adalah asrama mahasiswa IAIN Ponorogo atau bisa disebut sebagai pesantren mahasiswa yang menerapkan sistem pondok pada umumnya. Dengan difasilitasi pendidik selaku pelaksana program dan kegiatan yaitu Ustadz/Mualim dan Musyrif/Pengurus. Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshar hanya diperuntukkan bagi mahasiswa IAIN Ponorogo. Problematika yang umum dialami dalam dunia pendidikan terutama dalam lingkungan pondok pesantren yaitu salah satunya adalah mengenai sikap disiplin dan bertanggung jawab. Peran Mualim adalah salah satu faktor penting penunjang sikap disiplin dan bertanggung jawab seorang Musyrif yang membantu Mualim dalam melaksanakan program dan kegiatan Ma’had. Upaya Mualim dalam mendidik, membimbing, mengontrol, dan mengevaluasi, dinilai berpengaruh dalam peningkatan sikap disiplin dan tanggung jawab Musyrif.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui fungsi Mualim dalam pengelolaan aktifitas pembelajaran di Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo. (2) Untuk mengetahui peran Mualim dalam meningkatkan sikap kedisiplinan Musyrif di Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo. (3) Untuk mengetahui peran Mualim dalam meningkatkan tanggung jawab Musyrif di Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo. (4) Untuk mengetahui kedisiplinan dan tanggung jawab Musyrif di Ma’had Al-Jami’ah Ulil Abshar IAIN Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasilnya adalah (1) Fungsi Mualim dalam pengelolaan aktivitas pembelajaran sudah berfungsi dengan baik. Hal ini berdasarkan teori tugas dan fungsi Mualim. (2) Peran Mualim dalam meningkatkan kedisiplinan Musyrif di Ma’had IAIN Ponorogo dikatakan berperan berdasarkan kesesuaian tolak ukur teori dengan fakta dilapangan. (3) Peran Mualim dalam meningkatkan tanggungjawab Musyrif di Ma’had IAIN Ponorogo dikatakan berperan karena kesesuaian antara tolak ukur teori dengan fakta dilapangan. (4) Kedisiplinan dan Tanggungjawab Musyrif terlihat dengan baik dilihat dari segi teori metode disiplin dan unsur-unsur tanggungjawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:12
Last Modified: 29 Dec 2020 03:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12627

Actions (login required)

View Item View Item