problematika guru dalam menghadapi gaya belajar siswa kelas 5 mi sailul ulum pagotan madiun

Wahyuningtyas, Asna (2020) problematika guru dalam menghadapi gaya belajar siswa kelas 5 mi sailul ulum pagotan madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616162_ASNA WAHYUNINGTYAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wahyuningtyas, Asna. 2020. Problematika Guru dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa Kelas 5 MI Sailul Ulum Pagotan Madiun . Skripsi. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sutoyo, M.Ag.
Kata Kunci: Problematika Guru, Problematika Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Gaya belajar merupakan cara konsisten yang dilakukan oleh seorang peserta didik dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berpikir dan memecahkan masalah. Gaya belajar dibagi menjadi tiga macam yaitu visual, auditori dan kinestetik. Beragam gaya belajar siswa, tentu guru akan menemukan berbagai problematika dalam mengenal setiap gaya belajar siswa. Selain itu, strategi guru dalam meningkatkan pemahaman masing-masing siswa dalam mata pelajaran Fiqih sudah pasti bervariasi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui problematika yang dihadapi guru dalam mengenal gaya belajar siswa kelas 5 MI Sailul Ulum Pagotan Madiun, (2) Mengetahui strategi guru dalam menghadapi gaya belajar siswa kelas 5 MI Salul Ulum Pagotan Madiun.
Penelitian ini dilakukan di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data yang digunakan menurut Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Problematika yang dihadapi guru dalam mengenal gaya belajar siswa kesulitan dalam menghadapi perbedaan karakteristik peserta didik, perbedaan individu yang meliputi intelegensi, watak, dan latar belakang, kesulitan menentukan materi yang cocok dengan kejiwaan dan jenjang pendidikan peserta didik, kesulitan dalam menyesuaikan materi pembelajaran dengan berbagai metode supaya peserta didik tidak segera bosan,
ii
kesulitan dalam memperoleh sumber dan alat pembelajaran, kesulitan dalam mengadakan evaluasi dan pengaturan waktu. (2) menggunakan metode bervariasi dan menggunakan media yang baik serta harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Gunakan gaya belajar untuk pelajaran dikelas. Salah satu pelajaran yang telah dipersiapkan dengan baik adalah seberapa baik pelajaran ini memanfaatkan beragam gaya pembelajaran. masing-masing pelajaran secara keseluruhan harus memiliki unsur pendengaran, penglihatan, sentuhan, dan gerakan. Penting untuk memastikan bahwa gaya belajar tiap-tiap anak diakomodasikan dalam beberapa cara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:15
Last Modified: 29 Dec 2020 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12625

Actions (login required)

View Item View Item