Wardani, Elsa (2020) (PAKAI TANDA TANGAN ASLI UNTUK PERSEDIAAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN ..SILAKAN UPLOAD ULANG)..Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Membaca Al-Qur'an Santri TPQ Al-Hidayah Dusun Blimbing Janti Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
SKRIPSI 210316409 ELSA WARDANI UPLOAD.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Wardani , Elsa. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan lnteraksi Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar membaca Al-Qur'an Santri TPQ Al-Hidayah Dusun Blimbing Janti Slahung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan llmu Keguruan lnstitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag..
Kata Kun ci : Perhatian Orang Tua, lnteraksi Sebaya, Motivasi Membaca
Membaca Al-Qur'an merupakan sesuatu yang menjadi kewajiban bagi setiap muslim karena Al-Qur'an akan menjadi syafaat pada hari kiamat bagi para pembacanya . Dalam membaca Al-Qur'an tentu memerlukan motivasi. Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah adanya santri yang rutin dan tidak rutin datang ke TPQ Al-Hidayah Dusun Blimbing untuk belajar membaca Al-Qur'an.
Penelitian di TPQ Al-Hidayah ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur'an santri, (2) pengaruh interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur'an santri, dan (3) pengaruh perhatian orang tua dan interaks1 teman sebaya terhadap motivasi belajar membaca AI-Qur'an santri.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto , yaitu penelitian sesudah kejadian, dengan tidak memberikan perlakuan kepada variabel-variabel bebas. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 responden . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur'an saotri TPQ Al-Hidayah dengan kategori cukup sebanyak 24 santri (75%), dan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 38,6%, (2) ada pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur'an santri TPQ Al- Hidayah dengan kategori cukup sebanyak 18 santri (56,25%), dan dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 30,2%, dan (3) ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar membaca Al-Qur 'an santri TPQ Al-Hidayah dengan Fhitung: (12,777) > Ftabel : (3,33) atau Sig. < 0,050, dan besar koefisien determinasi (R-) adalah 0,522. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | mambaul ngadimah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 02:17 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 02:17 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12624 |
Actions (login required)
View Item |