(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN DITANDA TANGANI DIATAS MATERAI, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) Perumusan Strategi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo Dalam Meningkatkan Daya Saing Research

Sari, Anis Yuana Etika (2020) (LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN DITANDA TANGANI DIATAS MATERAI, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH) Perumusan Strategi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo Dalam Meningkatkan Daya Saing Research. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERUMUSAN STRATEGI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING RESEARCH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Anis Yuana Etika. Perumusan Strategi IAIN Ponorogo dalam Meningkatkan Daya Saing Research. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmadi, M.Ag.

Kata Kunci : Perumusan Strategi, Daya Saing, Research

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi dalam pasal 1 ayat 10 menyebutkan bahwa “Tridharma Perguruan Tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian dalam kondisi sekarang ini menjadi salah satu tombak kesuksesan bagi perguruan tinggi dalam menghadapi persaingan. Kegiatan penelitian ini menjadi salah satu unggulan dan strategi lembaga dalam membranding lembaganya untuk meningkatkan kualitas dan memuaskan pelanggan pendidikan. Penelitian ini mengambil tempat di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo dengan pertimbangan kampus tersebut memiliki potensi yang cukup memadai di antaranya : sebagai kampus yang berjargon “the research university”, memiliki mahasiswa dengan jumlah yang cukup banyak, memiliki dosen dan karyawan yang mumpuni, memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai yang mendukung penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perumusan visi misi IAIN Ponorogo dalam meningkatkan daya saing research, (2) Mengetahui kondisi lingkungan IAIN Ponorogo dalam meningkatkan daya saing research, (3) Mengetahui perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang pada IAIN Ponorogo dalam meningkatkan daya saing research, (4) Mengetahui strategi unggul IAIN Ponorogo dalam meningkatkan daya saing research.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Huberman.Teknik analisis ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan proses pengumpulan data dan analisis data, penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu: (1), Perumusan visi misi IAIN Ponorogo sudah sesuai dengan kaidah perumusan visi dan misi, yaitu bersifat dinamis yang dapat beradaptasi dengan dinamika perkembangan riset, SDM, IPTEKS dan Visi IAIN Ponorogo sejalan dengan Misi IAIN Ponorogo yang dijabarkan secara konsisten ke dalam tujuan, sasaran, strategi dan program.(2) Hasil analisis kondisi lingkungan internal dan eksternal yaitu pengoptimalan sarana prasarana, pendanaan, memotivasi dosen maupun mahasiswa dalam melakukan penelitian, meningkatkan kualitas penelitian. (3) Perencanaan jangka pendek, menengah, dan panjang meliputi pemberian kewenangan pengelolaan penelitian ke perguruan tinggi yang pada akhirnya akan menghasilkan kemandirian kelembagaan penelitian di perguruan tinggi dalam mengelola penelitian secara transparan, akuntabel dan objektif. (4) Penentuan strategi unggul meliputi peningkatan pengelolaan penelitian dengan menerapkan manajemen berbasis sistem informasi serta mendorong para peneliti memanfaatkan sumber-sumber pendanaan penelitian yang tersedia di dalam maupun luar negeri, Melakukan Pembinaan kualitas penelitian kepada dosen/mahasiswa melalui pelatihan penulisan proposal, desain penelitian melalui peta jalan penelitian (road map) dan metodologi riset hingga pelatihan penulisan artikel ilmiah/paten.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2020 03:01
Last Modified: 28 Dec 2020 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12600

Actions (login required)

View Item View Item