PELAKSANAAN KEGIATAN MUJAHADAH DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO

Yani, Muhammad (2020) PELAKSANAAN KEGIATAN MUJAHADAH DALAM PEMBENTUKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316121 Muhammad Yani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Yani, Muhammad. Pelaksanaan Kegiatan Mujahadah Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Fery Diantoro, M. Pd

Kata Kunci: nilai-nilai pendidikan karakter, mujahadah

Dalam perspektif Islam, dasar dan tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk kepribadian individu yang paripurna. Pribadi individu yang demikian adalah pribadi yang menggambarkan terwujudnya esensi manusia secara kodrati, yaitu sebagai makhluk individu, sosial bermoral dan makhluk yang bertuhan. Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut seluruh lembaga Sekolah mempunyai upaya dalam mengembangkan karakter religius pada siswa, diantaranya melalui program-program dalam budaya sekolah, namun dalam melaksanakan program-program dalam membentuk karakter religius siswa terdapat kendala, sehingga karakter religius siswa belum msaksimal.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian ini ditemukan : (1). Dalam pelaksanaan kegiatan mujahadah terdapat dzikir, do’a-do’a tahlil, membaca tahmid dan shalawat kepada Nabi yang dilakukan secara bersama-sama dan juga dilakukanya shalat-shalat sunah malam seperti shalat tahajud, shalat tasbih, dan juga shalat taubat sehingga terbentuklah karakter religius pada santri, (2). Tantangan pelaksanaan kegiatan mujahadah dalam pembentukan karakter religius santri di pondok pesantren Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo ini ada beberapa tantangan yaitu sebagian santri merasakan kejenuhan dalam melaksanakan proses mujahadah, dikarenakan durasinya cukup lama, terus lelah dalam mengikuti kegiatan mujahadah dikarenakan padatnya kegiatan-kegiatan pondok yang telah diikuti santri sebelum mujahadah, sebagian santri tidak samangat, tidak khusuk, kurangnya antusias dari santri dalam mengikuti kegian mujahadah, (3).indikator-indikator pelaksanaan kegiatan mujahadah ini terdapat dzikir do’a-do’a dan shalat sunnah seperti shalat tahjud, tasbih, dan taubat maka dapat membantu terbentuknya katakter religius santri, yaitu patuh dalam melaksanakan ajaran agama, toleran terhadap pelaksanaan ibadah lain, hidup rukun terhadap agama lain, ketulusan, menghormati, tawadhu’, dan ta’dhim, menghayati, terbentunya karakter ini ketika melakukan kegiatan mujahadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:52
Last Modified: 27 Apr 2021 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12590

Actions (login required)

View Item View Item