Peningkatan Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Strategi Problem Solving di kelas IX SMP Islam Thoriqul Huda tahun ajaran 2020/2021

Lismawati, Diyan (2020) Peningkatan Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Strategi Problem Solving di kelas IX SMP Islam Thoriqul Huda tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIYAN LISMAWATI 210316312.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lismawati, Diyan, 2020 Peningkatan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam melalui Strategi Problem Solving di
Kelas IX SMP Islam Thoriqul Huda Tahun Ajaran 2020/2021.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo,
Pembimbing Dr. Ju’ Zubaidi, M.Ag.
Kata Kunci : Minat Belajar, Strategi Problem Solving.
Minat belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Siswa yang
memiliki minat yang tinggi terhadap suatu pelajaran, sangat besar
kemungkinannya akan memiliki hasil belajar yang bagus pula terhadap mata
pelajaran tersebut. Namun fakta di lapangan khususnya di SMP Islam Thoriqul
Huda menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam masih sangat rendah yang ditunjukkan dari kurangnya gairah atau
ketertarikan siswa pada materi yang diajarkan. Hal ini berpengaruh terhadap
pencapaian hasil belajar siswa yang rata-rata belum mencapai ketuntasan. Yang
disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru dalam mengelola dan memvariasi
kegiatan pembelajaran.
Tujuan mendasar dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui
bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan
strategi Problem Solving. (2). untuk mengetahui bagaimana peningkatan minat
belajar siswa melalui strategi problem solving di kelas Kelas IX SMP Islam
Thoriqul Huda tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang mencakup 3 siklus penelitian yang dibagi menjadi 4 tahap penelitian pada
setiap siklusnya, yaitu; pengamatan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan
analisis atau refleksi. Pada penelitian ini, data diambil melalui pengamatan secara
langsung oleh observer dengan menggunakan lembar observasi pengukuran minat
belajar siswa.
Hasil analisis data menunjukkan; (1). Proses kegiatan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan problem solving dibagi menjadi tiga
tahap proses pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup. (2)
Penerapan strategi problem solving dapat meningkatkan minat belajar siswa pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX SMP Islam Thoriqul Huda
tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dari setiap
siklus. Pada siklus I untuk kategori sangat baik sebesar 5,6%, siklus ke II sebesar
77,3% dan untuk siklus ke III sebesar 89,4%. Hal ini juga di ikuti oleh
peningkatan hasil belajar siswa dari tiap siklusnya. Kriteria ketuntasan pada siklus
ke I sebesar 42,1%, siklus ke II sebesar 77,3% dan untuk siklus ke III sebesar
100%. Dari prosentase diatas menunjukkan bahwa strategi problem solving pada
mata pelajaran PAI di kelas IX SMP Islam Thoriqul Huda mampu meningkatkan
minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju' Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:47
Last Modified: 04 Jan 2021 07:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12585

Actions (login required)

View Item View Item