peningkatan karakter religius peserta didik melaui pembiasaan membaca asma'ul husna di mts negeri 1 pacitan tahun ajaran 2019/2020

muna, nurul 'izzatul (2020) peningkatan karakter religius peserta didik melaui pembiasaan membaca asma'ul husna di mts negeri 1 pacitan tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload nurul 'izzatul muna.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Muna, Nurul ‘Izzatul. 2020. Peningkatan Perilaku Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Di MTs Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Fery Diantoro, M.Pd.I
Kata kunci: perilaku karakter religius, pembiasaan, Asma’ul Husna
Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukan beberapa kegiatan yang sengaja dilaksanakan guna meningkatkan karakter religius siswa yang bukan lain kegiatan-kegiatan tersebut adalah kegiatan keagamaan guna menanamkan nilai-nilai Islami yang diharapkan mampu mempengaruhi karakter religius siswa menjadi lebih baik lagi. MTs Negeri 1 Pacitan merupakan lembaga pendidikan yang berupaya meningkatkan karakter religius siswa-siswi melalui kegiatan-kegiatan yang ada di lembaga tersebut.
Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui bentuk kegiatan dalam meningkatkan perilaku relegius peserta didik melaui pembiasaan membaca Asmaul Husna di MTs Negeri 1 Pacitan, (2) untuk mengetahui nilai-nilai perilaku karakter religius peserta didik yang meningkat melaui pembiasaan membaca Asmaul Husna di MTs Negeri 1 Pacitan.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan konsep Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa (1) kegiatan pembiasaan membaca Asmaul Husna di MTs Negeri 1 Pacitan dilaksanakan setiap hari setelah selesai pembelajaran. Pembiasaan membaca Asma’ul Husna ini dilakukan secara bersama-sama didalam kelas dan didampingi guru kelas yang mendapatkan jadwal mengajar dijam terakhir. (2) nilai-nilai perilaku karakter religius peserta didik yang meningkat melaui pembiasaan membaca Asmaul Husna yaitu meningkatkan iman dan taqwa, akhlakul karimah dan disiplin dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:45
Last Modified: 28 Dec 2020 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12582

Actions (login required)

View Item View Item