(PDF KAN) Pengaruh Iklim Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Madiun

Dwi Azizah, Luthfi (2020) (PDF KAN) Pengaruh Iklim Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 211216045 LUTHFI DWI AZIZAH.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Azizah, Luthfi Dwi. 2020. Pengaruh Iklim Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.
Kata Kunci: Iklim Sekolah, Disiplin Kerja, Kinerja Guru.
Kinerja guru merupakan tingkat keberhasilan seseorang dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan tanggungjawab dan wewenang berdasarkan standar kinerja demi tercapainya tujuan. Kinerja guru dipengaruhi beberapa faktor antara lain iklim sekolah dan disiplin kerja. Iklim sekolah merupakan keadaan sekitar sekolah yang nyaman dan kondusif sehingga dapat meningkatkan kinerja guru untuk mencapai tujuan sekolah dan dapat mencapai prestasi kerja. Sedangkan disiplin kerja yang tinggi akan mampu membangun kinerja yang profesional. Kedua faktor tersebut sangatlah penting dalam meningkatkan kinerja guru.
Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Madiun, 2) Pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Madiun, 3) Pengaruh iklim sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Madiun.
Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah guru SMA Negeri 2 Madiun yang berjumlah 64 guru, dengan melihat pendapat Suharsimi Arikunto yaitu apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya penelitian populasi. Dalam penelitian ini penulis menetapkan yang diteliti adalah semua guru sejumlah 64 orang. Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment, uji reliabilitas dengan menggunakan Spearman Brown, sedangkan untuk analisa data menggunakan rumus regresi sederhana dan rumus regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisa data, disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Madiun, dibuktikan dengan Thitung (3,939) > Ttabel (1,999) berpengaruh sebesar 36,4%, dan sisanya 63,6% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Ada pengaruh yang signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Madiun dibuktikan dengan Thitung (6,565) > Ttabel (1,999), berpengaruh sebesar 41,0%, dan sisanya 59% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara iklim sekolah dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 2 Madiun, dibuktikan dengan Fhitung (23,216) > Ftabel (1,999) sebesar 43,2%, dan sisanya 56,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:45
Last Modified: 28 Dec 2020 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12579

Actions (login required)

View Item View Item