Pandangan Cendekiawan Muslim Tentang Nasab Dan Kewarisan Anak Hasil Sewa Rahim Perspektif Al-maslahah Al-mursalah

Rizqiyatul A'la, Kamalat (2020) Pandangan Cendekiawan Muslim Tentang Nasab Dan Kewarisan Anak Hasil Sewa Rahim Perspektif Al-maslahah Al-mursalah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Kamalat Rizqiyatul_210116066.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rizqiyatul, Kamalat. 2020. Pandangan Cendekiawan Muslim Tentang Nasab dan Kewarisan Anak Hasil Sewa Rahim Prespektif Al-Mas}lahah Al-Mursalah, Skripsi Jurusan Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyyah) Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Abid Rohmanu, M.H.I
Kata Kunci : Sewa Rahim, Nasab, Waris
Sewa rahim muncul karena adanya proses modernisasi yang merupakan perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang kedokteran. Tujuan dari sewa rahim adalah untuk membantu pasangan suami istri yang tidak mampu memiliki keturunan secara alamiah.
Adanya proses sewa rahim maka timbul berbagai persoalan, di bidang hukum dan agama, sehingga diperlukan kajian yang membahas mengenai adanya praktik sewa rahim tersebut. Berangkat dari latar belakang di atas, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui megenai nasab anak hasil sewa rahim prespektif al-maslahah al-mursalah serta bagaimana status kewarisan anak hasil sewa rahim prespektif al-maslahah al-mursalah.
Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sementara metode penelitian yang dipakai dalam menyusun skripsi ini dengan menggunakan metode kepustakaan (library research), yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan untuk pengumpulan data yang bersifat kepustakaan. Adapun dalam analisis data penulis melakukan penelitian ini melalui pengelola bahan-bahan hukum yang telah dikumpulkan terlebih dahulu kemudian disusun secara sistematis dan terarah.
Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa nasab anak yang lahir dari proses sewa rahim kepada orang tua pemilik benih.Sedangkan dalam masalah kewarisannya berdasarkan prespektif al-mas}lahah al-mursalah bahwa hak warisnya juga dari orang tua pemilik benih tersebut. Anak yang lahir dari proses sewa rahim tidak dapat dihubungkan kepada wanita yang mengandung dan melahirkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:11
Last Modified: 28 Dec 2020 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12570

Actions (login required)

View Item View Item