Pesan Dakwah Lirik Lagu Bocah Ngapa Yak Grup Band WALI (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Najiib, Wildaanun (2020) Pesan Dakwah Lirik Lagu Bocah Ngapa Yak Grup Band WALI (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
E-THESES WILDAANUN NAJIIB.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Najiib, Wildaanun. 2020. Pesan Dakwah Lirik Lagu Bocah Ngapa Yak Grup Band WALI, Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Drs. H. Agus Romdlon Saputra, M.H.I.
Kata kunci: Pesan Dakwah, Lagu, Semiotika Charles Sanders Peirce
Di era modern ini, dakwah tidak hanya dilakukan dengan berceramah di atas mimbar saja. Dakwah mulai mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan berbagai media. Salahsatunya dengan media lagu. Lagu Islami akan menyisipkan pesan dakwah yang dapat didengar. Lagu dengan judul Bocah Ngapa Yak merupakan salahsatu lagu bernusansa religi yang diciptakan oleh grup band WALI. Lagu tersebut menceritakan tentang fenomena kehidupan yang terjadi saat ini. Banyak sekali orang yang berkelakakuan layaknya anak kecil. Selain itu, lagu ini juga menyisipkan pesan yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk bermuhasabah.
Berdasarkan latar belakang diatas, penulis tertarik untuk mendeskripsikan tanda, objek dan interpretan lirik lagu Bocah Ngapa Yak karya grup band WALI yang mengandung pesan dakwah. Tidak lain penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam lirik pada sebuah lagu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan observsi pada lirik sebuah lagu. Sedangkan dalam proses pengolahan data menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang membagi pokok pembahasan menjadi tanda, objek dan interpretasi
Penelitian ini melahirkan kesimpulan bahwa dalam lirik lagu Bocah Ngapa Yak karya grup band WALI terdapat tanda, objek dan interpretan yang menunjukkan pesan dakwah yang berkaitan dengan pembahasan tentang aqidah, syariah dan akhlaq. Diantaranya: Perintah melaksanakan ibadah sholat, zakat, puasa, mengaji. Senantiasa bermuhasabah dan berhijrah menjadi yang lebih baik serta mengimani malaikat-malaikat Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Romdlon Saputra
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:07
Last Modified: 28 Dec 2020 02:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12559

Actions (login required)

View Item View Item