upaya meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemahkan ayat-ayat al-quran melalui penerapan strategi complete sentence pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas iv sdn 1 sukorejo ponorogo tahun pelajaran 2020-2021

Marfuah, Kusnul (2020) upaya meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemahkan ayat-ayat al-quran melalui penerapan strategi complete sentence pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas iv sdn 1 sukorejo ponorogo tahun pelajaran 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
KUSNUL MARFUAH_210616114.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Marfuah, Kusnul. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menghafal dan Menerjemahkan Ayat-Ayat Al-Quran melalui Penerapan Strategi Complete Sentence pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas IV SDN 1 Sukorejo, Ponorogo Tahun Pelajaran 2020-2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Nur Kolis, Ph.D.
Kata Kunci: Kemampuan Menghafal, Menerjemahkan Ayat Al-Quran, Strategi Complete Sentence
Dalam kegiatan pembelajaran terdapat permasalahan yang dapat menghambat proses pembelajaran. Permasalahan tersebut disebabkan beberapa hal seperti partisipasi dan keaktifan siswa, pembelajaran yang kurang menarik, dan masih berpusat kepada guru. Proses pembelajaran yang berkualitas melibatkan berbagai hal. Salah satunya adalah strategi pembelajaran yang diterapkan guru. Guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan.
Penelitian ini memfokuskan masalah pada (1) Bagaimana pelaksanaan strategi Complete Sentence dalam meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemahkan ayat-ayat al-Quran, dan (2) Apakah penerapan strategi Complete Sentence dapat meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemahkan ayat-ayat al-Quran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa kelas IV SDN 1 sukorejo, Ponorogo Tahun Pelajaran 2020-2021?.
Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 sukorejo, Ponorogo yang berjumlah 12 siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Pelaksanaan strategi complete sentence dalam meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yaitu berdasarkan nilai observasi kemampuan menghafal siswa pada siklus I sebesar 84 atau 70% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi sebesar 96 atau 80%. Berdasarkan perolehan hasil evaluasi siswa pada penelitian tindakan kelas siklus I jumlah nilai ketuntasa siswa sebesar 66,6% dan pada siklus II jumlah nilai ketuntasan siswa mengalami peningkatan menjadi sebesar 100%. (2) Penerapan strategi complete sentence dapat meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Quran. Hal tersebut didasarkan pada meningkatnya nilai observasi kemampuan menghafal dan nilai evaluasi siswa pada setiap siklus dan siswa dinyatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Dec 2020 06:50
Last Modified: 23 Dec 2020 06:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12556

Actions (login required)

View Item View Item