Anam, Muhammad Khoirul (2020) implementasi pendekatan fungsional melalui metode demonstrasi dalam proses pembelajaran pai untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas ix a smpn 2 jetis ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
BAB I-VI UPLOAD NEW.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
ANAM, M KHOIRUL. Implementasi Pendekatan Fungsional Melalui Metode Demonstrasi dalam Proses Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX A SMPN 2 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. 2020. Pembimbing Dr. Muhammad Toyib, M.Pd
Kata Kunci: Pendekatan Fungsional, Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar.
Dalam proses pendidikan, metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan, karena ia menjadi sarana yang membermaknakan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum pendidikan sehingga dapat dipahami atau diserap oleh manusia didik menjadi pengertian-pengertian fungsional terhadap tingkah lakunya. Metode yang tepat mengandung nilai-nilai yang instrinsik dan ekstrinsik sejalan dengan materi pelajaran dan secara fungsional dapat dipakai untuk merealisasikan nilai-nilai ideal yang terkandung dalam tujuan pendidikan.
Ada dua faktor, yang mempengaruhi motivasi belajar yaitu faktor internal dan juga eksternal dari peserta didik. Faktor internalnya dari siswanya sendiri. Sedangkan faktor eksternalnya dari metode pembelajarannya. Dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa salah satu cara yang digunakan adalah melalui pendekatan pembelajaran, yaitu dengan menggunakan jenis pendekatan fungsional. Pendekatan fungsional disini dilakukan dengan metode demonstrasi. Untuk mengetahui jenis pendekatan fungsional melalui demonstrasi itu seperti apa pelaksanaanya di dalam kelas perlu mengkaji lebih mendalam melalui penelitian.
Penelitian ini bertujuan untuk (1)mengetahui penerapan pendekatan fungsional melalui metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI (2)mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan fungsional melalui metode demonstrasi dalam proses pembelajaran PAI (3)mengetahui hasil penerapan pendekatan fungsional melalui metode demonstrasi dalam proses pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX A SMPN 2 Jetis Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1)penerapan pendekatan fungsional melalui metode demonstrasi dilakukan dengan menyajikan pelajaran dengan memperagakan yang menekankan kepada segi kemanfaatan bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari.(2)faktor pendukung pendekatan fungsional melalui metode demonstrasi di SMPN 2 Jetis Ponorogo diantarannya adalah sarana dan prasarana yang memadai, lingkungan sekolah yang kondusif, dan komunikasi yang baik antara siswa dan guru. Sedangkan mengenai faktor penghambatnya adalah faktor internal dari siswa itu sendiri, contohnya motivasi siswa dalam belajar. Selain itu memerlukan waktu yang lama, dan keterbatasan media yang digunakan dalam pelaksanaan metodenya.(3)hasil dari penerapan pendekatan fungsional melalui metode demonstrasi diantaranya adalah siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran, pemahaman siswa menjadi terbentuk, mengurangi kesalahfahaman dalam penyampaian materi, dan proses pembelajaran menjadi menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad toyib |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 06:46 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 06:46 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12554 |
Actions (login required)
View Item |