Manajemen Pengelolaan Fungsi Wakaf Mushola Al-Amin Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Huda, Muhammad Ainul (2020) Manajemen Pengelolaan Fungsi Wakaf Mushola Al-Amin Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. Ainul Huda.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ainul Huda, Muhammad. 2020. Manajemen Pengelolaan Fungsi Wakaf Mushola
Al-Amin Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Agung Eko Purwana, SE, MSI
Kata Kunci : Ibadah, Pendidikan, zakat Infaq Sedekah.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian antara teori dengan fakta yang ada. Teori menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan mushola dapat dikatakan baik apabila memenuhi tujuh fungsi mushola, penulis mengambil tiga fungsi mushola yang dirasa sesuai dengan kondisi lingkungan dan seharusnya dapat dimaksimalkan. ketiga fungsi tersebut adalah pengelolaan fungsi mushola sebagai tempat ibadah, sebagai tempat pendidikan keagamaan dan pengelolaan fungsi mushola sebagai tempat pengumpulan ZIS. Faktanya dalam penelitian ini fungsi mushola sebagai tempat ibadah, tempat pendidikan keagamaan dan tempat pengelolaan ZIS kurang tercapai secara maksimal, sebab dari masalah tersebut diantaranya adalah minimnya atau tidak adanya jamaah yang datang apabila diberlakukan salat jamaah lima waktu, yang kedua yaitu tidak adanya petugas adzan yang memiliki kemauan untuk mengumandangkan adzan, yang ketiga yaitu alasan bahwa kebiasaannya memang tidak melakukan salat jamaah lima waktu dimushola Al-Amin. Alasan lain adalah tidak adanya sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengajar ilmu keagamaan, merasa sudah ada tempat pendidikan di lingkungan lain, sehingga tidak perlu mendirikan tempat pendidikan sendiri, dan juga karena minimnya minat masyarakat apabila diadakan suatu kajian keagamaan, sehingga hal ini membuat kajian atau pengajian dihentikan di mushola Al-Amin tersebut.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber data sebanyak tiga orang narasumber memlalui metode wawancara. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan kurang maksimalnya fungsi sebagai tempat ibadah terjadi karena jamaah masih bekerja diwaktu tersebut, karena alasan mengantuk, dan karena tidak adanya petugas adzan, sehingga baiknya pihak pengurus membuat jadwal adzan di mushola tersebut, hal ini membuat mushola lebih terstruktur, juga memberikan rasa tanggung jawab bagi mereka yang terpilih, sehingga diharapkan pengelolaan fungsi mushola berjalan sebagaimana mestinya, dalam pengelolaan sebagai tempat pendidikan keagamaan yang tidak berjalan, baiknya mushola memberikan fasilitas tempat belajar di lingkungan mushola tersebut, mengenai kendala tenaga pengajar, hal itu dapat diatasi dengan meminta bantuan kepada pemuda organisasi yang bergerak dibidang keagamaan. untuk memaksimalkan fungsi pengelolaan ZIS yang tidak berjalan maksimal atas alasan ketidak percayaan masyarakat, pihak pengelola mushola dapat bekerja sama dengan lembaga filantropi di sekitar wilayah mushola, hal ini penulis rasa cukup bagus dilaksanakan di mushola Al-Amin dan akan menambah kepercayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eka Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Dec 2020 04:45
Last Modified: 23 Dec 2020 04:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/12550

Actions (login required)

View Item View Item